Kompas TV nasional politik

Giring Mundur, PSI Usulkan 9 Kandidat untuk Gantikan Jokowi

Kompas.tv - 24 Februari 2022, 10:04 WIB
giring-mundur-psi-usulkan-9-kandidat-untuk-gantikan-jokowi
Plt Ketua Umum PSI Giring Ganesha dulu dikenal sebagai Giring Nidji. (Sumber: KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan 9 kandidat untuk diusung menjadi pengganti Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada gelaran Pilpres 2024 mendatang. Namun, Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha Djumaryo menyatakan diri tak berminat maju dalam pesta demokrasi lima tahunan nanti.

Giring mengatakan, ketika berbicara ihwal sosok pemimpin ideal, nama Presiden Jokowi adalah sosok yang mendapatkan tempat di hati rakyat Indonesia. Kata dia, banyak sekali rakyat Indonesia yang ternyata masih menghendaki sosok Jokowi untuk memimpin Indonesia. 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Erick, Mahfud, Puan Bisa Berebut 15,9 Persen Suara yang Belum Memilih Capres

Sebab, menurutnya, ini adalah fakta di lapangan sekaligus aspirasi masyarakat yang sangat menyukai Jokowi namun dibatasi oleh konstitusi bahwa presiden hanya bisa dijabat selama dua periode.

"Berdasar fakta itu jugalah saya merasa tahun 2024 belumlah waktu bagi saya untuk maju sebagai calon Presiden Republik Indonesia di 2024. Maka hari ini, dengan penuh kesadaran saya Giring Ganesha, mengumumkan mundur dari pencalonan presiden Republik Indonesia," kata Giring dalam konferensi pers daring, Kamis (24/2/2022). 

Giring mengaku PSI membangun tradisi untuk mendengar suara rakyat, kedaulatan tertinggi di dalam politik. Termasuk dalam soal kandidat presiden mendatang.

“Maka, sejak awal Februari lalu, DPP PSI meminta seluruh pengurus untuk turun ke bawah, mendengarkan suara rakyat. Menemui para tokoh muda, guru, akademisi, dunia usaha, tokoh agama, tokoh adat dan orang-orang yang kami anggap mewakili suara hati nurani rakyat,” kata Giring. 

Baca Juga: Ketua DPP PDI-P soal Elektabilitas Nama-nama Capres 2024: Survei Jadi Parameter Aspirasi Publik

Ia menjelaskan, PSI menemukan fakta di lapangan dan terdapat sembilan nama yang diinginkan rakyat menggantikan Jokowi, yaitu Emil Elestianto Dardak; Erick Thohir; Ganjar Pranowo; Mochamad Ridwan Kamil; Mohammad Mahfud MD; Muhammad Andika Perkasa; Muhammad Tito Karnavian; Najwa Shihab; dan Sri Mulyani Indrawati.

“Kami yakin, mereka adalah kader-kader bangsa yang dianggap mampu melanjutkan politik kesejahteraan, politik bersih, dan politik keterbukaan,” ujarnya. 

Baca Juga: Ini Hitung-hitungan Gerindra Mau Deklarasi Prabowo sebagai Capres di 2022

Atas dasar temuan-temuan itu, lanjutnya, selama sembilan bulan ke depan, PSI akan turun ke basis-basis rakyat untuk mensosialisasikan dan mendengarkan pendapat mereka tentang sembilan kandidat tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.