Kompas TV olahraga kompas sport

Eks Asisten Shin Tae-yong Resmi Jadi Kepala Pelatih Timnas Vietnam U-23

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 19:38 WIB
eks-asisten-shin-tae-yong-resmi-jadi-kepala-pelatih-timnas-vietnam-u-23
Mantan asisten Shin Tae-yong, Gong Oh-kyun jadi kepala pelatih Timnas Vietnam U-23. (Sumber: instagram.com/theaseanfootball)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV - Mantan asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun resmi jadi kepala pelatih Timnas Vietnam U-23. 

"Federasi sepak bola Vietnam menunjuk Gong Oh-kyun sebagai pelatih kepala Vietnam U-23 usai digelarnya SEA Games 2022," tulis ASEAN Football di akun Instagram resmi mereka, Rabu (23/2/2022). 

"Dia pernah menjadi asisten pelatih Timnas Korea Selatan U-17 sampai U-23 dan juga mantan asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pada 2020."

"Dia akan menjadi asisten Park Hang-seo di SEA Games 2022 dan memimpin Vietnam U-23 di Piala Asia 2022 U-23 dan Asian Games 2022."

Baca Juga: Karena "Alasan Pribadi", Tiga Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Resmi Mundur

Ketika Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada akhir 2019 silam, pelatih berusia 51 tahun itu membawa empat nama pelatih dari Korea Selatan. 

Keempat nama tersebut adalah Kim Hae-woon, Lee Jae-hong, Kim Woo-Jae, serta Gong Oh-kyun. 

Kendati demikian, keempat pelatih tersebut sudah tidak bersama Shin Tae-yong di Timnas Indonesia lagi. 

Gong Oh-kyun menjadi yang pertama mengundurkan diri sebagai asisten Shin Tae-yong pada Desember 2020 silam. Lalu, pertengahan 2021, tiga pelatih lain menyusul langkah Gong. 

Di sisi lain, Gong Oh-kyun merupakan pelatih yang berprestasi. Saat masih menjadi asisten pelatih Chung Jung-yong di Timnas Korea Selatan U-20, Gong mampu membantu Hanguk Warriors ke final Piala Dunia U-20. 

Catatan apiknya tersebut dijadikan PSSI sebagai acuan utama merekrut Gong Oh-kyun. Gong sempat diproyeksikan menukangi Timnas Indonesia U-20 yang bakal tampil di Piala Dunia U-20 2021. 

Namun, Gong memutuskan mundur usai Piala Dunia U-20 2021 ditangguhkan karena pandemi virus corona. 

Baca Juga: Disebut Jadi Incaran Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia, Siapa Tijjani Reijnders?

 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x