Kompas TV nasional politik

Johan Budi Ditunjuk PDIP Jadi Pimpinan BURT DPR

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 13:25 WIB
johan-budi-ditunjuk-pdip-jadi-pimpinan-burt-dpr
Anggota Komisi 3 DPR-RI Johan Budi Sapto Prabowo berkunjung ke Istana Kepresidenan Jakarta Rabu 1 Desember 2021, pukul 1 siang waktu Indonesia barat. Ia menjelaskan kedatangannya sendiri karena untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi yang Ia terima di daerah pemilihannya untuk disampaikan sendiri ke Presiden. Namun kedatangannya ke Istana menguatkan isu yang berkembang akan pergantian atau peralihan wakil menteri di jajaran kabinet Indonesia Maju pada 8 desember 2021. (Sumber: ROY ILMAN / KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Fraksi PDIP DPR melakukan perombakan di dalam struktur pimpinan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI. Sebelumnya Evita Nursanty mengemban jabatan wakil ketua BURT, kini digantikan oleh Johan Budi. 

Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso memberikan harapan agar kehadiran Johan Budi tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih baik, khususnya dari sisi pengawasan anggaran dan penyusunan peraturan di DPR. 

Baca Juga: Novel Baswedan dkk Jadi ASN Polri, Eks Jubir KPK Johan Budi Titip Pesan Ini

“Karena beliau punya pengalaman di KPK dan saat ini di Komisi III. Sesuai dengan fungsi itu, kami harap Beliau bisa warna lain yang lebih baik dan semangat untuk kita semua,” kata Agung seperti dikutip dari laman dpr.go.id, Rabu (23/2/2022). 
 
Sementara itu, Johan Budi menjelaskan, pergantian ini merupakan tugas dan kewenangan dari fraksinya. Dirinya berkomitmen akan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan segenap pimpinan dan anggota BURT DPR RI yang lain, terutama terkait peningkatan fasilitas Anggota Dewan.

"Fasilitas itu jangan diartikan untuk peningkatan kesejahteraan saja, tapi bagaimana misalnya fasilitas di kantor DPR, bagaimana berhubungan dengan institusi lain, misalnya rumah sakit, asuransi, dan sebagainya. Termasuk pengawasan terhadap anggaran di internal DPR RI," ujarnya. 

Baca Juga: Ini Pembicaraan Presiden Jokowi dengan Johan Budi di Istana

Sebagai informasi, BURT DPR RI memiliki tugas menetapkan kebijakan kerumahtanggaan DPR; melakukan pengawasan terhadap Sekretariat Jenderal dalam pelaksanaan kebijakan kerumahtanggaan DPR; melakukan koordinasi dengan alat kelengkapan DPD dan alat kelengkapan MPR yang berhubungan dengan masalah kerumahtanggaan DPR, DPD, dan MPR yang ditugaskan oleh pimpinan DPR. 

Tugas itu berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah; menyampaikan hasil keputusan dan kebijakan Badan Urusan Rumah Tangga kepada setiap anggota; dan menyampaikan laporan kinerja dalam Rapat Paripurna DPR. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x