Kompas TV religi beranda islami

Mengenal Amul Huzni, Tahun Kesedihan dan Hadiah Isra Miraj bagi Nabi Muhammad

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 12:27 WIB
mengenal-amul-huzni-tahun-kesedihan-dan-hadiah-isra-miraj-bagi-nabi-muhammad
Ilustrasi langit yang bergetar karena sebuah tangisan. Kisah di bawah ini merupakan kisah Amul Huzni, kisah kesedihan yang terjadi sebelum Isra Miraj Nabi Muhammad (Sumber: FelixMittermeier/Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam islam dikenal peristiwa Amul Huzni, atau tahun-tahun kesedihan. Amul Huzni ini erat kaitannya dengan peristiwa Isra Miraj yang dialami Nabi Muhammad pada 27 Rajab.

Amul Huzni adalah tahun kesedihan yang membuat hati Nabi Muhammad merasa begitu sedih. Lantas, apa yang membuatnya sedih?

Salah satunya yang membuat beliau bersedih lantaran beliau ditinggalkan oleh dua orang yang begitu beliau dikasihi. Dua orang yang selama ini menjadi penjaga bagi Nabi Muhammad SAW. 

Apalagi, di tahun-tahun tersebut, cobaan terhadap kaum muslim atas dakwah beliau sedang menjadi-jadi. Teror, siksaan dan hujatan seakan datang tak henti-hentinya. 

Nabi Muhammad, keluarga dan mereka yang percaya akan Islam juga diboikot oleh Quraisy, tidak boleh berdagang maupun aktivitas lainnya yang beririsan dengan penduduk.

Hal itu ditambah, dua orang yang dikasihinya tersebut, yakni istri beliau Sayyidah Khadijah dan pamannya Abu Thalib wafat.

Dikutip dari Sirah Nabawiyah ar-Rahiq Al-Maktum karya Syeikh Syafiyurrahman Al-Mubarakfuri, Amul Huzni tersebut terjadi kira-kira menjelang Isra Miraj atau menjelang tahun kesepuluh Kenabian atau 619 Masehi.

 Baca Juga: Gambaran Neraka yang Bikin Nabi Muhammad Menangis Tersedu-sedu

Wafatnya Sayyidah Khadijah

Peristiwa pertama yang menjadikan tahun tersebut sebagai tahun duka (amul huzni) adalah berpulangnya Sayyidah Khadijah. Beliau adalah sosok yang menemani Nabi Muhammad selama 28 tahun.

Sayyidah Khadijah juga merupakan seorang ummul mukminin, yakni ibunda bagi seluruh orang beriman. Julukan ini lantaran beliau adalah sosok pertama yang masuk Islam dari perempuan dalam sejarah.

Selain itu, beliau juga yang selama ini menjadi pendamping utama Nabi dalam segala kondisi. Wafatnya Sayyidah Khadijah membuat Nabi bersedih. Beliau wafat di bulan Ramadan, tepatnya tanggal 11 Ramadan. 

Wafatnya Abu Thalib

Tak lama setelah Sayyidah Khajidah, paman beliau Abu Thalib juga berpulang. Beliau bukan sekadar paman bagi Nabi, tapi juga sosok pelindung selama hidup beliau.

Beliau juga yang mengasih Nabi Muhammad saat masih beliau, serta melindungi dakwah beliau selama ini.

Nabi Muhammad Mengalami Isra Miraj

Dua peristiwa di atas, meninggalnya Sayyidah Khadijah dan Paman beliau Abu Thalib begitu membekas pada diri Nabi. Sampai-sampai disebut sebagai tahun duka atau Amul Huzni dalam Islam. 

Hingg pada 27 Rajab beliau diangkat oleh Allah SWT untuk Isra Miraj hingga sidratul Muntaha untuk berjumpa langsung dengan Sang Pencipta.

Isra adalah perjalanan malam hari dari Mekah menuju Baitul Baqdis di Palestina. Sedangkan Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad diangkat ke langit hingga Sidratul Muntaha.

Isra Miraj ini juga menurut para Ulama adalah hadiah bagi Nabi Muhammad ketika mengalami Amul Huzni atau tahun duka.

Dalam Isra Miraj ini pula, kali pertama kali perintah Salat diberikan kepada Nabi Muhammad dan diamalkan oleh umat Islam hingga saat ini. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x