Kompas TV religi beranda islami

Kisah Aneh Tukang Gali Kubur, Banyak Mayat Tidak Lagi Menghadap Kiblat

Kompas.tv - 19 Februari 2022, 17:28 WIB
kisah-aneh-tukang-gali-kubur-banyak-mayat-tidak-lagi-menghadap-kiblat
Seorang pria beristirahat setelah mempersiapkan kuburan untuk korban Covid-19, di pemakaman Cipenjo di Bogor, Jawa Barat, Indonesia pada 14 Juli 2021. Kisah di bawah ini merupakan kisah tukang gali kubur, melihat jenazah tidak lagi menghadap kiblat. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemuda ini sering menangis, takut dan tampak gelisah. Ternyata, terkait dengan kisah hidupnya di masa lalu sebagai tukang gali kubur. 

Tentunya, sebagai tukang gali kubur, ia sering melihat jenazah, mayat dan tentu saja melihat kematian dengan sangat dekat.

Anehnya, ketika ia jadi tukang gali kubur, pemuda itu sering melihat beberapa mayat yang berubah posisinya. Bahkan beberapa mayat tersebut tidak lagi menghadap kiblat. 

Ia juga meyakini, tidak ada seorang pun yang memindahkan posisi mayat-mayat tersebut. Hal ini membuatnya traumatis. 

Kisah ini sendiri termaktub dalam kitab Uyun al-hikayat min Qashas ash-shalihin wa nawadir az-zahidin karya Ibnul Jauzi.

Suatu ketika, pemuda tukang gali kubur itu pun bertemu dengan Yusuf bin Asbath, seorang alim dan saleh. Akhirnya ia bercerita tentang kisah masa lalunya sebagai tukang kubur.

Baca Juga: Kisah Seseorang Gagal Dikuburkan, Selalu Ada Ular Hitam Besar di Liang Lahadnya

Mayat Tidak Menghadap Kiblat

Ia pun mengisahkan kejadian aneh yang dialaminya tersebut kepada Yusuf bin Asbath. 

“Saya melihat kebanyakan mayat, wajahnya tidak lagi menghadap kiblat, hanya sedikit saja mayat yang masih tetap menghadap ke arah kiblat,” paparnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x