Kompas TV video vod

15 Februari 2022, Rekor Angka Tertinggi Kasus Covid-19 Harian Kembali Tercatat!

Kompas.tv - 16 Februari 2022, 19:34 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Kasus positif Covid-19 nasional varian Omicron pada gelombang ketiga melonjak tajam lebih cepat dibanding gelombang kedua, kenaikan minggian di minggu lalu hampir mencapai jumlah saat puncak kedau di masa varian Delta.

Bahkan tambahan kasus Covid-19 harian di Indonesia mencatatkan rekor baru pada hari Selasa,15 Febuarai 2022 sebanyak 57.049, angka ini mengalahkan rekor tambahan harian tertinggi sebelumnya terjadi pada 15 Juli 2021 dengan 56.757 kasus.

Fluktuasi kasus masih terjadi setidaknya dalam 5 hari terakhir.

Pada tanggal 12 Februari, angka kasus harian berada di angka 55.000 lebih kasus, sempat turun hingga 36.000 lebih kasus pada tanggal 14 Februari.

Namun pada 15 Februari kemarin, jumlah kasus harian baru mencapai 57.049 kasus, angka dengan rekor harian tertinggi.

6 provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Bali, NTB, dan Papua juga disebut mencatat kasus Covid-19 lebih tinggi dibanding puncak gelombang varian Delta seperti pada Juli 2021 lalu.

Baca Juga: Kemenkes Menunggak Pembayaran Klaim Covid-19 Hingga Rp 25 Triliun, Ini Alasannya...

Namun pemerintah menyatakan meski jumlah kasus yang meningkat, tingkat keterisian rumah sakitnya jauh lebih rendah, trennya pun sudah meladai dan sudah mulai turun. 

Di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19, RSPI Sulianti Saroso, keterisian tempat tidur terus bertambah  walaupun angkanya masih di bawah 50%, bahkan belum bisa dipastikan apakah sudah mencapai puncak atau belum.

Untuk menekan angka okupansi rumah sakit, pemerintah mengimbau pasien gejala ringan atau tanpa gejala untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Warga yang masuk dalam kontak erat juga diminta melakukan isolasi mandiri selama lima hari, walaupun hasil tes dinyatakan negatif untuk memastikan kondisi sejak kontak erat terjadi.

Ditengah angka kasus Covid-19 yang terus melonjak, pemerintah juga mengimbau warga untuk tidak perlu khawatir  saat jalan-jalan asal tidak punya komorbid, sudah vaksin lengkap, dan mendapat Booster.

Baca Juga: Pemakaman Pasien Covid-19 di Kota Malang Kembali Meningkat!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x