Kompas TV entertainment selebriti

Kenangan Chenny Han, Sahabat Masa Kecil Dorce: Dermawan dan Suka Meledek

Kompas.tv - 16 Februari 2022, 15:06 WIB
kenangan-chenny-han-sahabat-masa-kecil-dorce-dermawan-dan-suka-meledek
Cheny Han dan Dorce Gamalama  (Sumber: instagram Chenny Han-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Artis Dorce Gamalama meninggal pada Rabu (16/2/2022) pada usia 58 tahun, setelah terpapar Covid-19.

Namun sebelumnya juga berjuang melawan sakit yang selama ini dia derita. Bahkan pernah beberapa kali masuk rumah sakit.

Kepergian artis serba bisa itu, membuat sahabat masa kecilnya, Chenny Han merasa kehilangan. 
"Pagi ini kabar mengantar duka. Seorang sahabat kecil berpulang, meninggalkan cerita lama yang manis untuk dikenang. Hari ini, pagi ini, lepas sudah bebanmu, tangisan panjang tak berkeputusan," kenang Cheny di akun instagramnya, sambil menyertakan foto saat bersama Dorce, Rabu (16/2/2022).

Baca Juga: Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Pernah Dapat Bantuan dari Jokowi hingga Megawati saat Dirawat


Chenny yang kini dikenal sebagai make up artis, pemilik rumah mode dan penulis sejumlah buku kecantikan ini, meneruskan, "Kutahu perihmu teman, kutahu itu, meski kau balut dgn tawa panjang dan teriakan girang. Ini cerita kita, tak akan mampu dipahami manusia di luar sana. Dan engkau, Dorce, berhasil menuntaskannya. Tenanglah teman, diam menanti keabadian. Doa dan airmata mengantar kepergianmu. Di sini aku masih berjuang," tambahnya.

Dihubungi KOMPAS.TV, Chenny mengaku sebagai sahabat masa kecil Dorce saat sama-sama tinggal di kawasan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat. 

Sebagai sahabat, banyak kisah yang dia ceritakan. Salah satunya sifat dorce yang sangat dermawan. Bahkan saking dermawannya, Dorce tak pikir panjang untuk memberikan uang kepada siapa saja yang membutuhkan, terutama untuk yayasan atau masjid.

"Dua kali  dapat honor / fee show dari saya, semuanya disumbangkan 100 persen," kata Chenny. Bukan itu saja, jika usai manggung dan dapat honor Dorce lazim bagi-bagi uang begitu saja.

Sebagai sahabat, Cheny pernah mengingatkan Dorce agar bisa membagi keuangan, jangan semua diberikan untuk sumbangan atau diberikan kepada orang. "Misalnya 30 atau 50  persen untuk amal, selebihnya untuk hari tua," kata Cheny. Namun Dorce hanya menjawab, "besok juga dapat lagi".

Sifat lain yang dikenangnya adalah sosok Dorce memang suka sekali menghibur dan meledek. "Seru kalau ketemu. Biasanya saya suka video call sama dia, suka ledek-ledakan," katanya.

Baca Juga: Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Baim Wong, Sule, hingga Inul Daratista Berduka

Namun sejak pandemi kedua sahabat ini tak bisa lagi sering bertemu. Bahkan ketika sakit, Cheny mengaku hanya memberi pesan via whatapps, tapi itu pun lama sekali responnya. "Sudah coba telepon juga tapi belum sempat direspon," ujarnya. 

Chenny dan Dorce juga pernah sama-sama tergabung dalam kelompok waria yang suka menyanyi dan menghibur, Fantastic Doll,  yang tenar pada tahun 1970-1980-an di Jakarta. 

Menurut Chenny kemampuan Dorce dalam menyanyi dan menghibur memang tak ada duanya. "Dorce memang dilahirkan jadi penghibur," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.