Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Cara Membuat Racun Tikus Alami dengan Daun Pandan, Hewan Pengerat di Rumah Kabur Seketika

Selasa, 15 Februari 2022 | 11:01 WIB
cara-membuat-racun-tikus-alami-dengan-daun-pandan-hewan-pengerat-di-rumah-kabur-seketika
Ilustrasi cara membuat racun tikus alami dengan daun pandan (Sumber: AP Photo/Rick Rycroft, File)

Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Racun tikus alami adalah salah satu cara untuk mengusir hewan pengerat tersebut yang bersarang di rumah.

Alternatif racun tikus alami dinilai lebih aman karena hanya akan berdampak pada tikus dan cenderung tidak membahayakan makhluk hidup lain.

Diketahui, racun tikus dengan pestisida bisa berbahaya bagi kesehatan jika terpapar langsung ke kulit, menghirup udara dan mengosumsi makanan yang sudah tercemar.

Keberadaan tikus yang kerap berseliweran di dapur, gudang, atau plafon rumah kadang sangat menggangu aktivitas.

Selain itu, ruangan yang menjadi sarang tikus biasanya akan lebih berantakan dan penuh dengan kotoran yang bisa menjadi bibit penyakit.

Baca Juga: Dua Bahan Alami Ini Ternyata Bisa untuk Membuat Racun Tikus, Aman untuk Hewan Peliharaan

Salah satu bahan alami yang bisa mengusir tikus adalah daun pandan. Bahan membuat kue ini memiliki bau khas yang tidak disukai hewan pengerat.

Berdasarkan penelitian "Uji Efektivitas Ekstrak Daun Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius) Sebagai Pengusir Hama Tikus Sawah (Rattus Argentiventer)" daun pandan efektif dalam mengusir tikus.

Penelitian tersebut menggunakan dua pakan padi yang dibiarkan selama 24 jam. Salah satunya ada yang diberi ekstrak dan yang lainnya tidak diberi ekstrak daun pandan.

Berdasarkan hasil penelitian dalam skala laboratorium, bau daun pandan ternyata berpengaruh terhadap aktivitas makan tikus.

Hal ini ditunjukkan dari pakan padi yang diberi ekstrak daun pandan lebih sedikit dimakan oleh tikus daripada yang tidak diberi ekstrak.

Baca Juga: Lap Kotor Sarang Bakteri, tapi Dua Bahan Dapur Ini Mampu Bersihkan Seperti Baru

Berikut cara membuat racun tikus dengan daun pandan, melansir dari Grid.id, Selasa (15/2/2022).

1. Ambil 5 lembar daun pandan, cuci bersih lalu potong kecil-kecil.

2. Setelah itu rebus air dan masukkan daun pandan ke dalamnya, tunggu sampai airnya berbau harum dan berubah warna menjadi hijau.

3. Saring airnya dan masukkan ke dalam botol semprot.

4. Semprotkan air rebusan daun pandan di sekitar jalan yang biasa dilalui tikus.

Aroma ekstrak daun pandan dapat mengganggu penciuman tikus dan membuat mereka tak lagi mendekat. Untuk lebih efektif, gunakan racun tikus alami ini di sekitar rumah.



 



Sumber : researchgate.net, grid.id

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x