Kompas TV nasional laporan khusus

Seniman Bantul Perakit Transformers Itu Bernama Eri Sudarmono

Kompas.tv - 15 Februari 2022, 07:00 WIB
seniman-bantul-perakit-transformers-itu-bernama-eri-sudarmono
Eri Sudarmono, seniman robot asal Bantul, Yogyakarta. Replika Transformers Sudah Dijual ke Cina, Jerman dan Amerika. (Sumber: Kompas.TV/Hedi Basri)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Eddward S Kennedy

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - "Boleh, Mas. Tapi yang selesai, sudah saya kemas semua," begitu jawab Eri Sudarmono saat membalas pesan singkat saya untuk berkunjung ke studionya.

Selesai yang dimaksud Eri adalah puluhan replika robot Transformers yang sudah siap dikirim ke pemesannya. Artinya, saya kemungkinan tidak mendapat momen untuk memotret robot-robot Transformers tersebut

"Tidak apa-apa," jawab saya pendek.

* * *

Siang itu saya tiba di Eri Studio Art. Lokasinya sekitar 14 kilometer dari titik nol Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Kauman, Gilangharjo, Pandak, Kabupaten Bantul. Setengah jam naik motor jika kondisi jalan lengang.

Dari luar, bangunan itu menyerupai rumah-rumah di perkampungan pada umumnya. Tulisan Eri Studio Art di ujung atap depan rumah sebagai penanda pun tidak terlalu jelas. Selain karena tinggi, ukuran huruf yang tipis berwarna merah dengan cat dasar hitam membuatnya tidak begitu mencolok.

Pagar yang sekaligus dijadikan dinding ada coretan yang bisa jadi penanda. Tapi itu mural yang lebih menyerupai bendera Britania Raya: Union Jack. Seandainya tidak mepet ke badan jalan, posisi itu cocok dibangun pos ronda. Posisinya di pertigaan. Mural bendera piala dunianya juga sudah siap, walau masih dua tahun lagi.

Saya turun dari motor, melepas helm. Tempat saya parkir persis di depan rumah, tepatnya di garasi berkeramik. Dari pintu garasi terbuka sedikit itu mata saya tertuju ke pria berbaju biru dengan celana jeans yang dipotong selutut.

Pria itu sibuk membungkus sebuah becak besi berpenumpang robot.

"Selamat siang, ada mas Eri?" sapa saya. Pria berambut ikal itu bangkit dari kesibukannya dan meminta saya menunggu. 

Selang beberapa menit pria berbaju biru tadi keluar bersama laki-laki berpostur sedang. Mengenakan topi yang warna cokelatnya hampir pudar dan kaos yang coklatnya lebih terang. Ia juga mengenakan jeans yang dipotong selutut. 

"Oh iya, saya Eri. Masuk sini aja," sambut pria yang saya cari siang itu.

Eri Studio Art itu dibagi tiga sekat. Ruangan pertama tadi tempat mengemas barang. Di situ ada dua orang yang sedang mengukur presisi balok yang dibuat boks kemasan.

Eri lalu mengajak saya berbincang di ruangan tengah yang lebih mirip seperti ruang pajang motor antik. Di sana bercokol ratusan motor Yamaha keluaran periode 80-90an. 

Prentelan-prentelan motor itu hampir semuanya besi, khas motor klasik. Motor-motor inilah yang siap "dikanibal" menjadi replika robot Transformers.

"Itu semua tadi dikirim ke mana aja, Mas?" saya memulai buka obrolan.

"Kali ini di Indonesia aja, ada ke Manado, Jakarta, Bogor, dan ke beberapa daerah lain. Kalau yang becak itu, dekat sini," jawab Eri.

Ketika Eri bilang “kali ini di Indonesia saja”, itu karena memang pelanggannya sudah menyebar di beberapa negara. Antara lain: Jerman, China, hingga Amerika.

Ia mengaku sudah mengirim sekitar 30-an replika robot ke China dan Jerman. Baik yang bentuknya mirip Transformers atau kreasinya sendiri.

"Yang dari China mesan 100, belum bisa dipenuhi semua. Ada juga dari Amerika tapi belum DP," ungkap Eri.

Mendekor, Melukis, Merakit

Kehidupan berkesenian Eri Sudarmono (42) sudah dipelajari sejak ia belajar di Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta. Lulus dari sana, ia sempat melanjutkan ke studi seni kriya di Institut Seni Indonesia di kota yang sama.

"Saya di ISI seangkatan Soiman (artis Soimah Pancawinata – red), tahun 1999," ucapnya.

Sebelum jadi pembuat replika robot, Eri adalah pelukis. Ia sering mengerjakan proyek-proyek lukisan borongan dan melayani pesanan dari luar negeri. Kegiatan itu dilakoni Eri sejak 2006.

Ruangan tanpa plafon yang saat itu kami tempati ngobrol adalah bekas galeri lukisan Eri. Di dindingnya masih tercantol lukisan-lukisan yang pernah ia buat. Kini ruangan tersebut telah menjadi penampungan motor-motor klasik sebagai bahan utama Transformers.

Selain melukis, Eri juga membuat tim kerja untuk jasa dekorasi. Setiap event di mal-mal, ia kadang dipanggil untuk membuat dekorasi seninya.

"Itu dekorasi yang di depan Ambarukmo Plaza sering saya yang buat," kenangnya.

Ketika pandemi Covid-19 menghantam sejak 2021 dan berbagai event di mal praktis ditiadakan, Eri mulai kehilangan pesanan dekorasi.

Ia lantas memutuskan banting setir: menjadi pembuat replika robot. Dari sinilah semua bermula.

"Kan, saat itu pandemi, ya, Mas, jadi toko juga tutup. Kolektor-kolektor lukisan dari luar negeri juga tidak ada yang datang, ya, jadinya awalnya itu," ujarnya.

Nama studionya pun juga diubah: "Awalnya, kan, Eri Studio Painting, lalu belakangnya diganti jadi Eri Studio Art."

Eri pertama kali mengerjakan robot Transformers dari pesanan pelanggan lukisannya di China. Ia menyanggupi permintaan replika robot dan berlanjut hingga kini.

Apa yang membuat Eri yakin tak lain dan tak bukan adalah karena ia memahami bahan baku untuk membuat replika robot.

"Awalnya pesanan dari China, dan saya berani karena elemen-elemen logam juga saya pelajari," jelas Eri.

Eri memang dikenal sebagai pelukis, tapi sebenarnya ia lebih spesialis di instalasi logam. Maka tak perlu diherankan jika kemudian ia tak asing untuk merakit replika robot.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x