Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ini Cara PLN Cegah Listrik Byar Pet Saat MotoGP Mandalika Berlangsung

Kompas.tv - 10 Februari 2022, 08:10 WIB
ini-cara-pln-cegah-listrik-byar-pet-saat-motogp-mandalika-berlangsung
Kementerian ESDM dan PLN menjamin layanan listrik selama ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika tetap menyala (10/2/2022). (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menjamin keandalan pasokan listrik untuk balapan MotoGP 2022 yang akan digelar di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maret mendatang. 

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN agar listrik terus menyala dan tidak ada byar pet (listrik mati) untuk acara internasional tersebut.

MotoGP di Sirkuit Mandalika akan dimulai dengan kegiatan pre-season 11-13 Februari 2022 dan season MotoGP tanggal 18-20 Maret 2022.

"Kami mengapresiasi skema zero down time yang disematkan oleh PLN NTB. Skema ini mengedepankan layanan listrik yang andal yang menjamin suplai listrik aman dengan skenario berlapis yang didukung komponen teknologi memadai," kata Jisman dikutip dari Antara, Kamis (10/2/2022).

Baca Juga: Terasa Privat, Tes MotoGP Mandalika akan Dihadiri Sandiaga Uno dan 800 Penonton 'Prioritas' Saja

Untuk mewujudkan layanan kelistrikan yang andal, Jisman berharap koordinasi PLN lebih intensif dengan Indonesia Tourism Development Cooperation (ITDC) selaku penyelenggara, kementerian atau lembaga, pemerintah daerah, dan instansi lainnya.
 
"PLN juga agar memastikan kelayakan seluruh instalasi listrik sebelum dioperasikan," ucap Jisman.

Ia menjelaskan, PLN akan menyuplai sirkuit melalui 3 jalur utama listrik.

Yaitu berupa 2 jalur saluran kabel tegangan menengah sepanjang 1.485 kilometer sirkuit (kms) dari gardu induk Kuta dan 1 jalur sepanjang 13.8 kms dari gardu induk Sengkol. Seluruhnya telah selesai terbangun.

Baca Juga: 24 Pebalap dari 12 Tim Siap Adu Cepat! Bagaimana Persiapan Jelang Tes Pramusim MotoGP Mandalika?

PLN juga telah menyiapkan peralatan pendukung yakni genset 18 unit, UPS mobile 19 unit, trafo 11 unit, dan automatic transfer switch (ATS) sebanyak 16 unit.

Selain itu, PLN juga menyiapkan 104 petugas piket, 280 personel pelayanan teknik, 47 unit mobil, dan 12 unit motor untuk menjaga keandalan listrik pada gelaran MotoGP di Mandalika.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x