Kompas TV video vod

Ciptakan Seni di Tengah Pandemi, Seniman di Boyolali Berkolaborasi

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 14:15 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Dalam menghadapi pandemi yang belum usai, para seniman mencari cara baru untuk tetap bisa eksis dalam berkarya.

Di Boyolali, para pelaku seni mulai dari dalang wayang kulit, pelukis, dan pengamat ilmu budaya berkolaborasi dalam menciptakan karya seni bersama.

Baca Juga: Sukses Jual Lukisan Lewat NFT, Ridwan Kamil: Ini Cara Baru Sejahterakan Seniman

Sejumlah seniman dan pencinta seni menyatu dalam sebuah kegiatan seni yang diadakan di sanggar Aji Tirta Wening di Desa Cangkringan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kegiatan yang baru pertama kali dilakukan ini adalah kolaborasi antara seniman dalang wayang kulit yaitu Ki Warsena Slank dengan sejumlah seniman lukis dari Universitas Sebelas Maret Solo.

Dalam kolaborasi ini saat Ki Warsena Slank mulai mendalang atau memainkan cerita wayang di belakang panggung, sejumlah pelukis mulai menterjemahkan lewat coretan lukisan, mereka mengaktualisasi penggalan cerita menjadi sebuah lukisan.

Salah satu pelukis Sigit Purnomo Aji menangkap cerita wayang lakon Pangaribawaning Catur Dharma dengan membuat lukisan dengan judul bahagia Dunia Akherat.

Karya lukis yang dituangkan dalam lukisan berukuran 100 kali 100 centimeter ini adalah warnanya yang cerah sebagai simbol raya bahagia.

Dalam kegiatan ini setidaknya ada empat lukisan yang dilelang untuk para pengunjung.

Selain itu pertunjukan kolaborasi seni di sanggar Aji Tirta Wening milik profesor Joko Suharjanto ini juga diadakan pameran lukisan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x