Kompas TV video vod

Saham Meta Ditinggalkan Karena Kinerjanya Disebut Mengecewakan, Zuckerberg Kehilangan Rp 430 T

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 12:46 WIB
Penulis : Edwin Zhan

KOMPAS.TV - Perang media sosial semakin nyata; kepuasan pengguna kini jadi segalanya.

Karena kalau pengguna tidak puas, akan mudah sekali berpindah ke media sosial lain. Ini yang terjadi pada Facebook.

Pendirinya, Mark Zuckerberg, bahkan di salah satu interview mengakui kalau kehadiran TikTok amat memengaruhi. Lahirnya Reels di Instagram pun tidak terlalu membantu.

Selain itu, divisi bisnis perusahaan yang bertanggung jawab atas investasi di Metaverse, Reality Labs, mengalami kerugian bersih sebesar USD 10 miliar atau setara dengan Rp 143,5 triliun pada tahun 2021.

Kinerja keuangan yang tak sesuai ekspektasi pada kuartal IV/2021 dan penurunan performa bisnis Meta karena ketatnya kompetisi akhirnya membuat kinerja Meta stagnan.

Kinerja yang mengecewakan ini membuat saham Meta ditinggalkan.

Kehilangan kapitalisasi pasar lebih dari USD 237 miliar atau setara dengan Rp 3.409 triliun pada perdagangan hari Kamis (3/2) di Bursa Nasdaq.

Angka tersebut menandai penurunan terbesar untuk satu hari perdagangan pada valuasi perusahaan dalam sejarah pasar saham Amerika Serikat.

Apple, pada September 2020 alami penurunan kapitalisasi pasar USD 182 miliar. Microsoft, pada Maret 2020 alami penurunan kapitalisasi pasar USD 178 miliar.

Jika dikalkulasi, penurunan kekayaan Mark Zuckerberg setara dengan 0,4 persen PDB Amerika Serikat, dan bisa membeli emas batang 49,2 juta troy ons.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x