Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Pencari Kerja Wajib Tahu, Deretan Pekerjaan Bidang Teknologi Informasi yang Diburu

Senin, 7 Februari 2022 | 11:09 WIB
pencari-kerja-wajib-tahu-deretan-pekerjaan-bidang-teknologi-informasi-yang-diburu
Ilustrasi transformasi digital untuk pemulihan ekonomi. BPIP menyebut saat ini ada propaganda digital yang melemahkan Indonesia (Sumber: Pixabay)

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menghadapi era transformasi digital saat ini, kemampuan Sumber Daya manusia di bidang Teknologi Informasi semakin diburu, terutama di Indonesia.

Survei McKinsey dan World Bank memperkirakan, Indonesia membutuhkan sembilan juta tenaga kerja digital sampai 2030, atau sekitar 600 ribu talenta digital setiap tahunnya.

Tenaga kerja digital yang dimaksud adalah sumber daya manusia yang mumpuni di bidang teknologi informasi dan komunikasi, dengan penguasaan teknologi digital terkini.

“Seperti cloud, kecerdasan buatan, analytic big data, cyber security, pengembangan software sampai blockchain," sebut Co-Founder Coding Studio Calvin dalam siaran persnya, Senin (7/2/2022).

Berkaca dari hal itu Coding Studio membagikan daftar pekerjaan di bidang TI yang akan semakin diburu di era transformasi digital dan dapat menjadi referensi untuk anda mengasah keterampilan di bidang pekerjaan tersebut.

  • Cloud Computing

Digitalisasi turut menyeret cloud sebagai layanan yang semakin sering digunakan. Kemampuan yang dibutuhkan di bidang ini meliputi kemampuan untuk merancang, merencanakan, mengelola, memelihara dan mendukung penggunaan cloud computing.

Kemampuan ini akan semakin dicari mengingat Indonesia kini tengah menyongsong pembuatan Pusat Data Nasional.

Baca Juga: Catat! Ini 10 Skill Pekerjaan yang Paling Dicari Tahun 2025

  • Data Science/Analytic

Banyak bisnis yang membutuhkan data dalam setiap pengambilan keputusannya, mulai dari industri keuangan, perbankan, sampai perawatan kesehatan.

"Karena itu, profesi di bidang data science atau data analytic memiliki demand yang tinggi," kata Calvin.


Sumber : Kompas TV/Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x