Kompas TV nasional berita utama

Anies: Rekomendasi Kenaikan Level PPKM di Jakarta Sedang Dibahas

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 10:09 WIB
anies-rekomendasi-kenaikan-level-ppkm-di-jakarta-sedang-dibahas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumpulkan perangkat wilayah di DKI Jakarta untuk membahas kinerja sepanjang tahun 2021. (Sumber: Humas Pemprov DKI)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pihaknya tengah membahas terkait rekomendasi kenaikan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jakarta. 

"Sedang dibahas. Tadi sore ada rapat koordinasi se-Jawa-Bali dipimpin Pak Menko dan sekarang sedang dalam pembahasan," kata Anies di Hotel Aryaduta, Minggu (6/2/22) malam. 

Terkait dengan kabar sebelumnya yang menyebut ia mengusulkan kenaikan PPKM Jakarta menjadi level 3, Anies menjelaskan, yang dibahas bukanlah level PPKM melainkan kriterianya. 

"Jadi ini bukan soal usulan, tapi kriteria. kriteria-kriteria itu yang dibahas. Nanti dari kriteria itu ditentukan levelnya," kata Anies. 

Baca Juga: Situasi Covid-19 Jakarta: 15.825 Kasus Harian, Permintaan Ambulans Melonjak

Setelah pembahasan kriteria tersebut, kata dia, barulah dapat ditentukan level PPKM yang tepat untuk Jakarta. 

Anies memastikan bahwa perkembangan Covid-19 di Jakarta terus dipantau dan dibahas dalam rapat koordinasi atau rakot yang berlangsung setiap sore. 

"Jadi kami rakor hampir setiap sore, kemarin sore ada rakor dengan gubernur se-Jawa Bali, tadi sore juga rakor lagi sambil dipantau perkembangannya," kata Anies. 

Ia mengingatkan bahwa terjadi peningkatan signifikan kasus Covid-19 di Jakarta selama beberapa waktu terakhir khususnya varian Omicron. 

Meskipun tingkat keparahannya tidak tinggi, kata Anies, ia meminta masyarakat tetap berhati-hati, utamanya bagi yang memiliki komorbid. 

"Jadi walaupun secara umum gejalanya ringan bahkan banyak yang tanpa gejala, tapi, jangan dianggap enteng karena bila di keluarga ada anggota keluarga yang senior dan memiliki komorbid maka dia berisiko," kata Anies. 

Baca Juga: KPAI Dukung Anies Baswedan, Desak Pemerintah Pusat Hentikan PTM di Jakarta hingga Maret

Sebelumnya diberitakan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Pemprov DKI Jakarta mengusulkan agar status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) naik level karena kasus Covid-19 di Jakarta yang semakin melonjak.

Riza menuturkan, usulan tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan. 

"Jadi dalam usulan pak Gubernur kepada pak Menko itu salah satunya perlu ada peningkatan pembatasan, salah satunya adalah pemberlakuan PPKM (level 3)," kata Riza Patria, di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu (6/2/2022). 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.