Kompas TV internasional kompas dunia

Temui Putin, Macron Upayakan Cegah Operasi Militer Rusia ke Ukraina

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 05:11 WIB
temui-putin-macron-upayakan-cegah-operasi-militer-rusia-ke-ukraina
Presiden Prancis Emmanuel Macron akan pergi ke Moskow untuk menemui Vladimir Putin pada hari Senin, (7/2/2022) demi mencegah operasi militer Rusia ke Ukraina. (Sumber: Ludovic Marin/ Pool via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

PARIS, KOMPAS.TV - Presiden Prancis Emmanuel Macron optimis dia dapat menurunkan eskalasi ketegangan di Ukraina ketika dia melakukan perjalanan ke Moskow untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Senin (7/2/2022). 

Dalam sebuah wawancara dengan Journal du Dimanche sebelum keberangkatannya, Macron mengatakan akan berdialog dengan Putin untuk mencegah operasi militer Rusia di Ukraina. 

“Intensitas dialog yang kami lakukan dengan Rusia dan kunjungan ke Moskow ini kemungkinan akan mencegah (operasi militer) terjadi. Kemudian kami akan membahas ketentuan de-eskalasi,” kata Macron kepada JDD dikutip dari Politica

“Saya selalu berdialog mendalam dengan Presiden Putin dan tanggung jawab kami adalah membangun solusi bersejarah.”

Putin saat ini telah mengumpulkan sekitar 130.000 tentara di perbatasan Ukraina di dalam Rusia dan Belarusia yang memicu kekhawatiran invasi akan segera terjadi.

Namun, Macron berpendapat bahwa penaklukan Ukraina bukanlah tujuan akhir Putin. 

"Tujuan geopolitik Rusia hari ini jelas bukan Ukraina, tetapi untuk memperjelas aturan hidup bersama dengan NATO dan UE," ujar Macron. 

Rusia membuat banyak tuntutan terhadap NATO termasuk komitmen untuk tidak memperluas wilayah mereka, terutama ke arah timur ke Ukraina, dan untuk menjaga infrastruktur militernya seperti pada tahun 1997. 

Banyak anggota NATO mengabaikan daftar keinginan Rusia itu, dan negara-negara termasuk AS, Inggris, Polandia dan Turki justru mempersenjatai Kyiv dalam upaya untuk mencegah Putin melintasi perbatasan.

Macron, bagaimanapun, mengatakan Rusia memiliki haknya untuk berusaha menegosiasikan jaminan keamanan.

Baca Juga: Macron Ancam Anti-Vaksin Covid-19 Prancis, Akan Membuat Hidup Mereka Sulit



Sumber : Politica

BERITA LAINNYA



Close Ads x