Kompas TV travel jelajah indonesia

5 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

Minggu, 6 Februari 2022 | 13:57 WIB
5-tempat-wisata-di-solo-yang-wajib-dikunjungi
Salah satu obyek wisata yang wajib disambangi saat berkunjung ke Kota Solo adalah Keraton Surakarta Hadiningrat (Sumber: Dok. Kemenparekraf)

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV – Tidak lengkap rasanya jika datang ke Solo, Jawa Tengah, tanpa menyempatkan diri berkunjung ke tempat wisata.

Secara geografis boleh saja terbayang minimalis, tetapi wisatanya justru menawarkan beragam kekayaan mulai dari sejarah, alam, permainan hingga aneka satwa.

Bahkan seluruhnya, selain bisa untuk menjadi pelepas penat dan berlibur dengan keluarga, juga bisa untuk tempat berkunjung sekadar berfoto guna pelengkap memori saat berada di Solo.

Berikut ini KOMPAS.TV rangkum, 5 tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi:

1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta merupakan salah satu ikon Kota Solo, sehingga wajib dikunjungi saat mampir ke sana.

Wisatawan bisa menyaksikan koleksi benda-benda peninggalan masa lalu di Museum Keraton Surakarta. Mulai dari pusaka senjata, seperti keris dan senapan Belanda, kereta kuda, dan peninggalan kerajaan lainnya di masa silam.

Jam buka Keraton Surakarta Hadiningrat adalah pukul 09.00-16.00 WIB pada Hari Sabtu dan Minggu. Sementara itu pada Hari Senin sampai Kamis, jam buka Keraton Surakarta adalah pukul 09.00-14.00 WIB.

Harga tiket masuk Keraton Surakarta adalah Rp15.000 per orang. Jika ingin menyewa pemandu atau guide, tarifnya Rp70.000.

2. Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan simbol besarnya cinta seorang ayah kepada putrinya.

Taman ini merupakan persembahan Kanjeng Gusti Pangeran Aryo Adipati Mangkunegoro VII kepada kedua putrinya, Gusti Raden Ayu Partini Husein Djayadiningrat dan Gusti Raden Ayu Partinah Sukanta.

Di lokasi ini, pengunjung dapat menikmati taman yang luas dengan pepohonan rindang, rumput hijau, dan kolam air. Bahkan tak jarang, pementasan budaya sering digelar di panggung yang tersedia di Balekambang.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x