Kompas TV nasional kesehatan

Anak-Anak Rentan Terinfeksi Covid-19 Varian Omicron, Orang Tua Wajib Perhatikan Gejalanya

Kompas.tv - 6 Februari 2022, 06:10 WIB
anak-anak-rentan-terinfeksi-covid-19-varian-omicron-orang-tua-wajib-perhatikan-gejalanya
Ilustrasi anak-anak sebagai salah satu kelompok rentan terinfeksi Covid-19, terutama varian Omicron, dengan gejala yang wajib diperhatikan oleh para orang tua. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Infeksi virus Corona varian Omicron wajib diwaspadai oleh setiap orang, termasuk anak-anak yang juga rentan tertular.

Ahli Respirologi Anak Nastiti Kaswandani pun mengungkapkan, saat ini jumlah anak yang terpapar Covid-19 varian Omicron kian bertambah.

Oleh sebab itu, Nastiti mengimbau kepada para orang tua agar selalu memperhatikan kondisi putra-putrinya apabila menunjukkan gejala Covid-19 varian Omicron.

"Sehingga yang perlu dilakukan orang tua adalah mengenali kegawatan, memerhatikan gejala yang mengharuskan anak dibawa ke rumah sakit," kata Nastiti dalam siaran langsung akun Instagram Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Jumat (4/2/2020).

Baca Juga: 5 Derajat Gejala Covid-19, Pasien Omicron Tanpa Gejala Boleh Isoman

Gejala Covid-19 varian Omicron terhadap anak

Sekilas, gejala infeksi varian Omicron itu hampir mirip dengan flu biasa, hanya saja tidak menyebabkan anosmia atau kehilangan indera penciuman dan sesak napas bagi pasiennya.

Namun, pasien Covid-19 varian Omicron biasanya mengeluhkan rasa nyeri dan gatal di tenggorokan, sehingga gejalanya menjadi agak sedikit berbeda dengan flu pada umumnya.

Lalu, untuk anak-anak sendiri, gejala Covid-19 varian Omicron kurang lebih seperti ini.

  • Demam ringan
  • Pilek
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Diare

"Yang bisa kita lakukan (ketika anak terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron) adalah mencoba mengatasi permasalahan itu dengan memberikan obat penurun panas," jelas Nastiti.

"(Juga) meminta anak banyak minum, sambil mengenali gejala lain yang mungkin mengharuskannya dibawa ke rumah sakit," sambungnya.

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Pertanyakan Vaksinasi Anak di Sumbar Rendah, Ini Jawaban Kapolda

Tanda kondisi anak semakin parah



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x