Kompas TV regional peristiwa

Soal Pedagang Bakso Pura-Pura Jatuh, Saksi: Arah Pembicaraannya Minta Uang, Akhirnya Ditinggal Warga

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 14:16 WIB
soal-pedagang-bakso-pura-pura-jatuh-saksi-arah-pembicaraannya-minta-uang-akhirnya-ditinggal-warga
Tangkapan layar CCTV yang memerlihatkan pedagang bakso jatuh di Perum Asabri Salatiga. (Sumber: CCTV via Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

SALATIGA, KOMPAS.TV - Seorang pedagang bakso keliling yang menggunakan sepeda motor pura-pura jatuh. Diduga, hal itu dilakukannya untuk mendapatkan perhatian warga demi mendapat pertolongan.

Aksi pura-pura pedagang bakso jatuh tersebut sempat terekam kamera pengawas CCTV salah satu rumah warga. Sontak, kejadian itu viral setelah diunggah ke media sosial.

Baca Juga: Bakso Rujak, Kuliner Unik di Sukabumi yang Menggabungkan Bakso dengan Potongan Buah Segar

Adalah akun Facebook bernama Nisa Anisa yang mengunggah video tersebuy ke grup HOT NEWS pada Kamis (3/2/2022) kemarin dan mendapat banyak komentar dari netizen.

Dari keterangan pengunggah video tersebut, peristiwa pedagang bakso berpura-pura jatuh itu tampaknya terjadi di Salatiga, Jawa Tengah.

"AWAS MODUS BARU Terekam kamera CCTV modus seorang tukang bakso yang pura-pura jatuh agar warga di sekitar lokasi mau membantu dan memberikan uang. Selalu waspada dan hati- hati. Kota Salatiga," tulis pengunggah.

Dalam video itu, awalnya tukang bakso itu melintas di sebuah permukiman padat. Ketika sampai di sebuah tikungan, tukang bakso yang mengenakan jaket coklat itu memperhatikan suasana sekitar.

Baca Juga: Viral Tukang Bakso Pura-pura Jatuh, Polisi: Jangan Sampai Ada Kecelakaan, Masyarakat Acuh Tak Acuh

Tak lama kemudian, tukang bakso itu menjatuhkan diri. Ember berisi bakso miliknya yang diletakkan di atas gerobak belakang pun sontak jatuh berhamburan.

Tak hanya itu, pedagang yang jatuh dengan posisi terlentang itu juga sempat membalikkan embernya. Hal itu dilakukan agar bakso yang ada di dalam ember semakin berceceran.

Warga yang tak tahu kalau tukang bakso itu berpura-pura jatuh langsung menghampirinya untuk menolong.

Berdasarkan keterangan yang ada pada rekaman CCTV, peristiwa itu terjadi pada Rabu (2/2) sekitar pukul 10.28 WIB.

Baca Juga: Jadi Korban Penipuan, Luna Maya: Cuma Demi Rp800 Ribu, Gue Boncos Rp2 Juta

Berharap Dikasihani Warga

Sementara itu, Suprapto, warga Perum Asabri Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga, menuturkan warga mengetahui aksi tukang bakso yang berpura-pura jatuh setekah melihat rekaman CCTV.

"Niat warga hanya menolong, kejadian akting tersebut diketahui setelah warga melihat CCTV yang terpasang di dekat masjid," kata Suprapto dikutip dari Tribunnews.com, pada Jumat (4/1/2022).

Suprapto menjelaskan, saat kejadian tersebht jalan di komplek perumahan sedang sepi. Tiba-tiba ada teriakan minta tolong hingga beberapa warga keluar rumah.

"Dilihat ada penjual bakso naik sepeda motor, dengan rombong yang untuk mengangkut itu terjatuh. Spontan warga menolong dan menepikan ke teras masjid," ucapnya.



Sumber : Tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.