Kompas TV nasional peristiwa

Dukung Peningkatan Bidang Kesehatan TNI, Prabowo Ingatkan Ancaman Biologis sebagai Perang Masa Depan

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 12:37 WIB
dukung-peningkatan-bidang-kesehatan-tni-prabowo-ingatkan-ancaman-biologis-sebagai-perang-masa-depan
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan dukungannya untuk peningkatan kemampuan bidang kesehatan tiga matra TNI. (Sumber: Kemenhan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan dukungannya untuk peningkatan kemampuan bidang kesehatan tiga matra TNI.

Mengingat, menurut Prabowo, ancaman perang di masa depan bukan lagi berbentuk pertempuran fisik, melainkan biologi.

Hal ini disampaikan oleh Menhan Prabowo saat meresmikan fasilitas kesehatan baru di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, yaitu Magnetic Resonance Imaging (MRI) Center, Kamis (3/2/2022).

"Dalam peperangan yang akan datang, ancaman yang besar bagi negara kita akan semakin berbentuk lain, di antaranya adalah ancaman biologi," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPAS TV, Jumat (4/2). 

Dia menuturkan, ancaman ini sudah terlihat dengan adanya pandemi Covid-19 yang menjadi pengingat bagi Tanah Air untuk lebih fokus dalam hal medis. 

"Karena itu, datangnya pandemi saat ini adalah alarm bagi kita agar kita lebih fokus, lebih memperhatikan masalah medis,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan beberapa dukungan pemerintah untuk peningkatan kemampuan bidang kesehatan tiga matra TNI, yakni TNI AD, TNI AU, dan TNI AL.

Baca Juga: Menhan Terima Kunjungan Dubes Palestina, Prabowo Tegaskan Hal Ini!

Di antaranya dengan menambah rumah sakit di komando-komando utama dan meningkatkan fasilitas di rumah sakit TNI yang telah ada guna menunjang penyediaan layanan kesehatan terbaik bagi prajurit TNI maupun masyarakat umum.

Prabowo menegaskan, bagi prajurit, kemampuan bidang kesehatan merupakan dukungan yang sangat penting.

Sebab itu, lanjut dia, keberadaan dinas kesehatan merupakan dukungan yang sangat vital bagi keberhasilan sebuah angkatan perang.

"Adanya dinas kesehatan, adanya pelayanan kesehatan yang andal itu adalah (dukungan) moril bagi prajurit di semua garis. Baik darat, laut, dan udara," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga mengapresiasi para tenaga kesehatan yang telah berjuang di garis terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dia juga mengimbau agar seluruh personel di rumah sakit senantiasa menjaga dan merawat fasilitas yang telah ada.

“Tentu saya ingatkan ini adalah hasil rakyat, uang rakyat. Harus kita jaga dengan baik. Jaga aset-aset yang hebat ini,” pungkasnya.

Baca Juga: PKB: Duet Prabowo-Cak Imin adalah Kombinasi yang Ideal di Pilpres 2024

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x