Kompas TV regional berita daerah

Mengenal dan Mempelajari Kolintang Lewat Rumah Budaya Nusantara Wale Ma'zani di Tomohon

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 13:05 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

TOMOHON, KOMPAS.TV - Upaya melestarikan seni budaya Suku Minahasa terus dilakukan oleh berbagai kalangan. Salah satunya oleh Rumah Budaya Nusantara (RBN) Wale Ma’zani, di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Pusat seni dan budaya ini punya berbagai sarana untuk fokus melestarikan alat musik kolintang. RBN Wale Ma’zani telah menjadi pusat pelestarian seni dan budaya khususnya alat musik tradisional kolintang sejak tahun 2012.

Baca Juga: Batik Dan 37 Karya Budaya Masuk Warisan Budaya Tak Benda Provinsi

RBN Wale Ma’zani terletak di Kelurahan Walian 1, Kecamatan Tomohon Selatan, Tomohon, atau kurang lebih 25 kilometer jaraknya dari Kota Manado.

Di dalam RBN Wale Ma’zani terdapat pusat pelestarian alat musik kolintang yang oleh pemiliknya dinamakan 'Sawua Kolintang Aray'. Di lokasi ini terdapat sejumlah fasilitas yang sengaja dibangun untuk mengenalkan kolintang kepada pengunjung.

Baca Juga: Mengenal Gu Zheng, Alat Musik Kecapi Asal China yang Kerap Hiasi Suasana Imlek

RBN Wale Ma’zani juga memiliki amphiteater tempat belajar sekaligus pertunjukan alat musik kolintang. Pembinaan usia dini juga dilakukan di RBN Wale Ma’zani bagi anak-anak yang ingin mempelajari kolintang.

Selain kolintang, RBN Wale Ma’zani juga mengenalkan seni dan budaya Minahasa lainnya seperti Tarian Kabasaran dan bahasa daerah Minahasa.

Video editor: L. Krisna Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x