Kompas TV nasional agama

Polemik Museum Holocaust Yahudi di Minahasa, NU DKI Minta Tidak Bawa Kepentingan Negara Tertentu

Kompas.tv - 2 Februari 2022, 17:25 WIB
polemik-museum-holocaust-yahudi-di-minahasa-nu-dki-minta-tidak-bawa-kepentingan-negara-tertentu
Mukti Ali Qusyairi, Lc menjelaskan soal kontroversi museum holocaust di Minahasa yang menurut Aktivis DKI Jakarta asal wajar aja (Sumber: Tangkapan layar video youtube Mukti Ali )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) NU DKI Jakarta Mukti Ali Qusyairi mengatakan, pameran museum Holocaust Yahudi yang berada di Minahasa, Sulawesi Utara, sebenarnya normal saja asal demi pembelajaran adanya dehumanisasi.  

Ia juga mengatakan, kenormalan itu terkait kejadian holocaust yang merendahkan martabat kemanusiaan.  Namun, kata dia, asalkan museum holocaust itu tidak berisikan kepentingan negara tertentu maka bisa jadi wajar.

“Selama tidak membawa kepentingan simbolik dari negara tertentu, saya pikir wajar dan normal saja. Bahkan, pameran museum holocaust bisa ambil pelajaran tentang dehumanisasi,” katanya kepada KOMPAS TV lawan pesan suara, Rabu (2/2/2022).

Pria yang aktif di forum pelbagai Forum Bahtsul Masail itu juga menegaskan, holocaust adalah peristiwa yang nyata dan memilukan.

“Apalagi holocaust sudah diakui oleh PBB sebagai sebuah fakta sejarah. Pihak Jerman pun mengafirmasi peristiwa itu dan bukanlah peristiwa bohong,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, bahkan umat Islam bisa ambil pelajaran dari peristiwa itu.

“Saya pikir sah saja untuk kita pahami bersama. Sebab peristiwa memori kolektif memilukan itu ada di semua hampir kalangan, termasuk kalangan agama. Ini terkait erat humanusasi,” tambahnya.

Baca Juga: Minta Museum Holocaust Disetop, MUI: Bukan karena Agama Yahudi, tapi Sikap Israel ke Palestina

Holocaust, Memori Kolektif yang Juga Ada di Semua Kalangan

Alumnus Universitas Al-Azhar, Mesir, itu lantas memaparkan jika di Yahudi ada momeri kolektif terkait holocaust, di Islam pada dasarnya juga punya memori memilukan terkait pembunuhan keji.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.