Kompas TV nasional peristiwa

4 Februari 2022, Pemerintah Buka Lagi Pintu Masuk Internasional di Bali

Kompas.tv - 1 Februari 2022, 07:34 WIB
4-februari-2022-pemerintah-buka-lagi-pintu-masuk-internasional-di-bali
Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali pintu masuk internasional di Bali mulai 4 Februari 2022. (Sumber: Angkasa Pura I)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali pintu masuk bagi turis asing ke Bali mulai 4 Februari 2022.

Keputusan ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers PPKM, Jakarta, Senin (31/1/2022).

"Pemerintah juga menyampaikan bahwa akan membuka kembali pintu masuk internasional di Bali pada tanggal 4 Februari 2022," kata Luhut. 

Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) menuturkan, alasan pemerintah mengizinkan Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani penerbangan internasional ini adalah untuk kembali menggencarkan ekonomi Bali yang sudah cukup terdampak akibat pandemi Covid-19.

Namun, Luhut menekankan pembukaan pintu internasional di Bali ini akan dibuka secara bertahap.

"Kami tetap akan melakukan pembukan secara bertahap bertingkat dan berlanjut," ujarnya.bagi PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri) dan non-PMI (Pekerja Migran Indonesia).

Dia mengatakan ketentuan pembukaan pintu masuk Bali juga akan tetap mengikuti Surat Edaran Satgas Covid-19 yang berlaku.

Baca Juga: Masa Karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri Dipotong Jadi 5 Hari, tapi Ada Syaratnya

Di sisi lain, kata Luhut, Bali juga menyediakan beberapa opsi untuk karantina PPLN. Salah satunya adalah sistem karantina bubble.

“Saat ini Bali juga menyediakan dua opsi tambahan untuk karantina PPLN, yakni Karantina Bubble dimulai di 5 hotel terlebih dahulu dengan total 447 kamar dan 6 Kapal Live on Board yang sudah tersertifikasi CHSE oleh Kemenparekraf,” jelas Menko Luhut detil.

Meski pemerintah telah mengizinkan pintu masuk internasional di Bali dibuka kembali, Luhut tetap mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan untuk dapat memutus laju penularan Covid-19 di tanah air.

Seperti diketahui, sebelumnya Bali direncanakan akan menerima kembali kunjungan wisatawan mancanegara pada Oktober 2021, melalui pintu masuk internasional baik jalur udara maupun laut.

Karena adanya kasus Covid-19 varian Delta dan Omicron, membuat pemerintah saat itu kembali memutuskan untuk tidak membuka pintu masuk internasional tersebut.

Namun, dengan adanya berbagai pertimbangan salah satunya untuk memajukan perekonomian di Bali, pemerintah memutuskan untuk kembali membuka pintu masuk internasional di Pulau Dewata ini mulai 4 Februari 2022. 

Baca Juga: 4 Arahan Jokowi saat Evaluasi PPKM, Fokus Penanganan Omicron
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x