Kompas TV internasional kompas dunia

Bos Keamanan Ukraina: Pelaksanaan Kesepakatan Damai Minsk tentang Ukraina Timur Bisa Bikin Kekacauan

Kompas.tv - 1 Februari 2022, 06:20 WIB
bos-keamanan-ukraina-pelaksanaan-kesepakatan-damai-minsk-tentang-ukraina-timur-bisa-bikin-kekacauan
Oleksiy Danilov, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional, wawancara dengan Associated Press di Kyiv, Ukraina, Senin, 31 Januari 2022. Ukraina memiliki kemampuan untuk memobilisasi 2,5 juta orang sekaligus jika terjadi invasi Rusia. (Sumber: AP Photo/Efrem Lukatsky)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KYIV, KOMPAS.TV - Ukraina memperingatkan Barat agar tidak memaksa untuk memenuhi kesepakatan damai Ukraina timur yang ditengahi oleh Prancis dan Jerman. Dia menuduh upaya untuk menerapkan kesepakatan damai itu dapat memicu kerusuhan internal yang akan menguntungkan Moskow.

Kepada Associated Press, Senin (31/1/2022), Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov mengatakan, Ukraina perlu merevisi kesepakatan damai 2015 yang ditandatangani di Minsk yang mengharuskan Ukraina memberikan otonomi luas ke timur yang dikuasai pemberontak dan amnesti menyeluruh kepada pemberontak.

“Pemenuhan perjanjian Minsk berarti kehancuran negara,” kata Danilov. “Ketika ditandatangani di bawah laras senjata Rusia, sementara Jerman dan Prancis mengawasi, sudah jelas bagi semua orang yang rasional, tidak mungkin mengimplementasikan dokumen-dokumen itu.”

Perjanjian tersebut, yang ditengahi oleh Prancis dan Jerman setelah serangkaian kekalahan militer Ukraina, secara luas dibenci oleh publik Ukraina sebagai pengkhianatan terhadap kepentingan nasional mereka. Zelenskyy dan pejabatnya telah berulang kali menyerukan modifikasi.

Moskow dengan tegas menolak untuk mengubah perjanjian Minsk dan mengkritik sekutu Barat Ukraina karena gagal mendorong Ukraina untuk memenuhi kewajibannya.

Utusan dari Rusia, Ukraina, Prancis dan Jerman bertemu Rabu selama lebih dari delapan jam di Paris untuk membahas cara-cara untuk mengimplementasikan perjanjian Minsk.

Mereka tidak membuat kemajuan yang terlihat tetapi sepakat untuk bertemu lagi dalam dua minggu di Berlin.

Danilov memperingatkan Barat agar tidak menekan Ukraina untuk memenuhi kesepakatan Minsk, dengan mengatakan hal itu akan memicu ketidakstabilan yang berbahaya.

"Jika mereka bersikeras untuk memenuhi perjanjian Minsk sebagaimana adanya, itu akan sangat berbahaya bagi negara kita. Masyarakat tidak menerima perjanjian itu, (karena) itu dapat menyebabkan situasi internal yang sangat sulit dan Rusia mengharapkan kekacauan internal itu."

Baca Juga: Putin Diyakini Tak Akan Berhenti Hanya dengan Menyerang Ukraina, Peringatan untuk Eropa

Foto disediakan oleh Layanan Pers Pertahanan Ukraina dan diambil pada 30 Januari 2022, instruktur AS melatih tentara Ukraina untuk menggunakan rudal M141 Bunker Defeat Munition (SMAW-D) di tempat pelatihan militer Yavoriv, dekat Lviv, Ukraina barat. (Sumber: Ukrainian Defense Ministry Press Service via AP)

Dia juga berpendapat bahwa jika Ukraina menghormati kesepakatan, itu akan memungkinkan Rusia untuk menuntut pencabutan sanksi Barat yang bergantung pada kemajuan dalam menerapkan perjanjian Minsk.

Danilov menyerukan untuk merundingkan dokumen baru yang dapat diimplementasikan secara realistis, seraya menambahkan dokumen itu harus memaksa Putin untuk menarik pasukan dan tanknya kembali.

Dia mengecam tuntutan Rusia kepada NATO untuk melarang Ukraina bergabung dengan aliansi tersebut, dengan mengatakan Ukraina yang merupakan bekas republik Soviet sudah membuat pilihan untuk berusaha berintegrasi ke dalam NATO dan Uni Eropa, yang tercermin dalam konstitusinya.

“Tidak ada yang berhak mendikte kami apakah kami harus atau tidak bergabung dengan aliansi,” kata Danilov. "Itu hak kedaulatan rakyat."

Dia juga mencatat Ukraina membutuhkan lebih banyak senjata Barat, dengan mengatakan, "Itu satu-satunya permintaan kami kepada mitra kami, beri kami lebih banyak senjata untuk membela diri."

Dia mengkritik Jerman karena menolak memberikan senjata kepada Ukraina, dan menuduh bahwa Berlin juga gagal meminta maaf secara layak kepada Ukraina atas kejahatan Nazi selama Perang Dunia II ketika Ukraina menjadi bagian dari Uni Soviet.

"Sayangnya, mereka tidak meminta maaf karena membunuh jutaan warga kami," katanya. “Mereka meminta maaf kepada Rusia seolah-olah kami adalah satu negara. Mereka seharusnya tidak berbicara tentang demokrasi saat itu dan mengatakan bahwa mereka mendukung rezim otoriter dan bermitra dengan mereka.”

Baca Juga: Presiden Amerika Serikat Bertemu Emir Qatar Bahas Potensi Krisis Gas Eropa Bila Rusia Serang Ukraina



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x