Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Jelang Perayaan Imlek, Coba Dekorasi Rumah dengan 4 Tanaman Hias Ini

Kompas.tv - 31 Januari 2022, 18:04 WIB
jelang-perayaan-imlek-coba-dekorasi-rumah-dengan-4-tanaman-hias-ini
Anthurium, salah satu tanaman hias yang cocok untuk dekorasi rumah saat perayaan Imlek. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Dekorasi rumah yang penuh ornamen berwarna merah sangat identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek, yang tahun ini jatuh pada Selasa (1/2/2022) besok.

Adapun salah satu item dekorasi yang dapat dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan saat momen Imlek nanti adalah tanaman hias.

Ya, tanaman hias berwarna merah juga bisa menjadi pemanis interior rumah ketika Imlek karena ada banyak pilihannya.

Jika penasaran dengan jenis tanaman hias apa saja yang cocok untuk dekorasi rumah saat Imlek, berikut beragam pilihannya sebagaimana dilansir dari The Spruce.

Baca Juga: Simak Penjelasan Kenapa Kerap Turun Hujan Saat Imlek

1. Anthurium

Anthurium merupakan tanaman hias dengan bunga berwarna merah mengkilap, yang hanya mekar selama kurang lebih enam minggu.

Agar Anthurium dapat tumbuh dengan baik dan mekar sempurna, maka dibutuhkan sedikit perawatan ekstra dengan memberinya sinar matahari yang cukup serta kelembapan tinggi.

2. Amarilis

Tanaman hias yang satu ini sebetulnya termasuk umbi-umbian, kemudian populer karena memiliki bunga merah cantik saat bermekaran.

Sebagai tanaman hias yang terbilang mudah perawatannya, Amarilis sangat cocok untuk dekorasi rumah jelang Imlek, karena bunganya biasa mekar pada musim dingin maupun hujan.

Selain itu, apabila sudah tumbuh selama bertahun-tahun, warna merah dari bunga Amarilis dapat menjadi lebih kuat dan tangkai barunya akan bermunculan.

Bunga Amarilis. (Sumber: SHUTTERSTOCK/FON TEPSODA)

Baca Juga: Intip 7 Jenis Kue Mangkok Khas Imlek dan Tips Membuatnya

3. Ruby Ball Cactus

Tak seperti tanaman kaktus pada umumnya, yang hanya dipenuhi duri tajam, Ruby Ball Cactus bisa menjadi alternatif untuk dekorasi karena memiliki bagian berwarna merah terang nan cantik.

Namun, 'mahkota' berwarna merah itu bukanlah bunga dari Ruby Ball Cactus, melainkan kaktus lain yang dicangkokkan ke sisi atasnya.

Kaktus merah itu sebetulnya tak memiliki warna atau albino dan tidak dapat bertahan lama sebelum mendapatkan inangnya.

Ruby Ball Cactus. (Sumber: leafyplace.com)

4. Euphorbia

Sebagai tanaman hias yang masih terdengar asing bagi awam, Euphorbia memiliki ciri khas batang berduri yang biasa disebut 'Mahkota Duri Kristus'.

Sebab, batang Euphorbia penuh dengan duri-duri hitam tajam sepanjang satu inci, mirip seperti mahkota duri yang dipakai Yesus Kristus saat penyaliban.

Euphorbia yang termasuk tanaman sukulen, perawatannya terbilang susah-susah gampang lantaran menyiraminya hanya perlu dilakukan ketika tanah di permukaan atas potnya mulai kering.

Euphorbia. (Sumber: greeners.co)


Sumber : The Spruce

BERITA LAINNYA



Close Ads x