Kompas TV nasional viral

Mengenal Truk Multi Axle, Pengangkut Beban Berat yang Salah Satunya Kini Terdampar di Bandung Barat

Kompas.tv - 30 Januari 2022, 12:59 WIB
mengenal-truk-multi-axle-pengangkut-beban-berat-yang-salah-satunya-kini-terdampar-di-bandung-barat
Ilustrasi truk jenis multi axle. (Sumber: lrtjabodebek.adhi.co.id)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peristiwa terdamparnya truk jenis multi axle di Tanjakan Wadon, Desa Tenjo Laut, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (28/1/2022) lalu, telah menyita perhatian publik.

Diketahui, truk tersebut tak sanggup melewati jalan yang miring karena sedang mengangkut muatan besar, yaitu trafo Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITET) dengan total berat mencapai 150 ton.

Wakil tim pengawal truk itu yang bernama Dani mengatakan, armadanya tersebut telah menempuh perjalanan selama kurang lebih 16 hari, dari Tasikmalaya dengan tujuan akhir di Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

"Tapi, pas di Tanjakan Gentong, (perjalanan) kami sampai siang karena jalurnya sulit. (Truk) kami kecepatannya hanya 15 km/jam," jelas Dani dikutip dari Tribun Jabar, Jumat.

Baca Juga: Tak Mampu Lewati Tanjakan, Truk Pengangkut Trafo Seberat 150 Ton Terdampar di Bandung Barat

Meski truk jenis multi axle bukan merupakan sesuatu yang baru di Indonesia, berangkat dari kejadian itu kini makin banyak orang yang penasaran dengan alat transportasi raksasa tersebut.

Untuk menjawab rasa penasaran itu, KOMPAS TV telah merangkum informasi-informasi mengenai truk multi axle, melansir dari laman resmi LRT Jabodebek.

Ciri-ciri fisik truk multi axle

Sebagai armada pengangkut barang berat, salah satu ciri truk multi axle yang begitu mencolok ada di rodanya, yang berjejer begitu banyak hingga bisa mencapai seratus lebih.

Selain itu, truk multi axle juga memiliki peralatan yang lengkap untuk menunjang fungsinya, meliputi suspense hidrolik silinder, mesin diesel, hingga sistem kemudi hidrolik dan mekanik.

Tak lupa, lubang pengait pada truk ini jumlahnya ada dua, terletak di bagian depan dan belakang. Sehingga truck head atau kepala truk tetap dapat menariknya.

Penampakan muatan berat yang diangkut oleh truk multi axle. (Sumber: lrtjabodebek.adhi.co.id)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.