Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tagihan Listrik Membengkak karena Penggunaan AC, Berikut 4 Tips agar Lebih Hemat

Minggu, 30 Januari 2022 | 11:48 WIB
tagihan-listrik-membengkak-karena-penggunaan-ac-berikut-4-tips-agar-lebih-hemat
Ilustrasi penggunaan air conditioner (AC) atau pendingin ruangan di rumah. (Sumber: Freepik/Bugphai)

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penggunaan pendingin ruangan atau air conditioner (AC) secara berlebihan tanpa disadari dapat membuat tagihan listrik di rumah membengkak.

Namun, AC yang telah berubah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian orang, tentu penggunaannya tak dapat tersingkirkan lagi.

Untuk itu, perlu ada upaya menghemat konsumsi listrik dengan mengurangi penggunaan AC yang berlebihan, tapi kenyamanan dalam berkativitas di rumah tetap dapat terpenuhi.

Melansir Hunker, berikut empat tips ampuh mengurangi penggunaan AC berikut dapat dicoba untuk menghemat tagihan listrik rumah.

Baca Juga: Tebar Diskon Selama Pandemi, Penjualan Listrik dan Pelanggan Baru PLN Naik

1. Gunakan gorden blackout

Gorden blackout merupakan tirai atau kain penutup jendela dengan bahan yang lebih tebal dari biasanya sehingga dapat menghalangi sinar matahari masuk secara langsung ke ruangan.

Dengan begitu, gorden blackout bisa membantu menjaga rumah tetap sejuk dari terik matahari saat musim panas dan mengurangi ketergantungan terhadap AC.

2. Beralih ke bola lampu LED

Perlu diperhatikan bersama, bola lampu pijar biasa itu sejatinya lebih banyak memakan energi dan dapat menghasilkan hawa panas di ruangan.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan bola lampu light-emitting diode (LED), yang menurut Departemen Energi Amerika Serikat, ternyata hanya menghabiskan energi hingga 80 persen lebih sedikit daripada lampu pijar.

Jadi, jika ingin menurunkan tagihan listrik di rumah, alangkah baiknya mulailah dengan beralih ke bola lampu LED yang lebih hemat energi.

Baca Juga: Rumah Kecil Terasa Sempit? Ikuti 4 Tips Memilih Furnitur Ini Supaya Ruang Jadi Lebih Lega

3. Ganti filter AC

Penggantian filter udara di unit AC secara teratur dipercaya dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat tagihan listrik.

Sebagai informasi, filter AC itu berfungsi untuk menjebak puing-puing di udara agar tidak beredar lagi ke segala penjuru ruangan.

Jika filter tersebut terlalu kotor, maka AC harus bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak energi untuk menghasilkan udara bersih.

Oleh sebab itu, setidaknya setahun sekali, gantilah filter AC untuk memastikannya tetap berjalan lancar tanpa menaikkan tagihan listrik.

4. Periksa keadaan jendela

Apabila ada sedikit saja retakan, celah, atau lubang di jendela, maka hal tersebut dapat memengaruhi kinerja AC dalam menyejukan ruangan.

Hawa panas yang masuk melewati lubang-lubang tersebut bisa membuat AC bekerja lebih keras dari biasanya sehingga tagihan listrik pun akan naik.

Jadi, jangan lupa menutup semua celah di jendela, guna mencegah masuknya udara panas dari luar serta keluarnya udara dingin yang dihasikan oleh AC.



Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x