Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu ASEAN Gelar Pertemuan Bulan Depan Bahas Bantuan Kemanusiaan Myanmar

Kompas.tv - 29 Januari 2022, 21:26 WIB
menlu-asean-gelar-pertemuan-bulan-depan-bahas-bantuan-kemanusiaan-myanmar
Menlu Kamboja mengatakan jajaran menteri luar negeri ASEAN akan bertemu bulan depan membahas bantuan kemanusiaan untuk Myanmar, seperti dilansir Straits Times, Sabtu, 29 Januari 2022 (Sumber: Bangkok Post)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) anggota ASEAN akan menggelar pertemuan bulan depan membahas bantuan kemanusiaan untuk Myanmar, kata ketua kelompok saat ini, Kamboja, seperti dilansir Straits Times, Sabtu (29/1/2022).

Menteri Luar Negeri Kamboja dan utusan khusus ASEAN, Prak Sokhonn saat ini dilaporkan sedang mempersiapkan kunjungan pertamanya ke Myanmar, kata Kementerian Luar Negeri Kamboja dalam sebuah pernyataan.

"Prioritasnya mengimplementasikan konsensus lima poin yang disepakati dengan suara bulat, yang akan dibahas selama retret Menlu ASEAN mendatang," kata Prak Sokhonn, seraya menambahkan acara itu dijadwalkan pada 16 dan 17 Februari mendatang. 

Kudeta militer tahun lalu atas pemerintah sipil terpilih Aung San Suu Kyi di Myanmar dianggap menjadi kemunduran bagi ASEAN dalam upaya menampilkan dirinya sebagai blok yang kredibel dan terintegrasi.

Baca Juga: PM Kamboja Hun Sen Desak Myanmar Buka Akses Bantuan Kemanusiaan dan Kunjungan Utusan Khusus ASEAN

Kamboja mengatakan jajaran menteri luar negeri ASEAN akan bertemu bulan depan membahas bantuan kemanusiaan untuk Myanmar, seperti dilansir Straits Times, Sabtu, 29 Januari 2022 (Sumber: Straits Times)

Menanggapi kudeta militer di Myanmar, ASEAN membuat langkah mengejutkan dengan melarang junta militer dari pertemuan-pertemuan penting karena kegagalannya untuk menghormati "konsensus" lima poin ASEAN yang mencakup penghentian permusuhan dan penciptaan dialog antar seluruh elemen masyarakat.

Termasuk dengan pemerintahan terguling, termasuk Aung San Suu Kyi.

Kamboja menunda pertemuan para menteri luar negeri ASEAN yang sedianya digelar bulan ini karena beberapa menteri menyatakan kesulitan untuk hadir.

Pertemuan bulan depan akan menjadi pertemuan tingkat tinggi pertama selama kepemimpinan Kamboja di ASEAN.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.