Kompas TV internasional kompas dunia

Polisi Laos Sita 36 Juta Narkoba Jenis Pil Metamfetamin, Jadi Tangkapan Terbesar Kedua

Sabtu, 29 Januari 2022 | 17:35 WIB
polisi-laos-sita-36-juta-narkoba-jenis-pil-metamfetamin-jadi-tangkapan-terbesar-kedua
Laos melakukan penyitaan tunggal terbesar kedua atas narkoba sebanyak 36 juta pil metamfetamin, kata pejabat PBB hari Sabtu (29/1/2922). Empat orang ditangkap di kota Huay Xai hari Rabu dan kepolisian Laos juga menemukan 590 kilogram sabu. (Sumber: CNN)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

BANGKOK, KOMPAS.TV - Kepolisian Laos berhasil melakukan penyitaan tunggal terbesar kedua atas obat-obatan terlarang, sebanyak 36 juta pil metamfetamin, kata seorang pejabat PBB pada Sabtu (29/1/2922) seperti dilansir Straits Times.

Perwakilan regional Kantor Narkoba dan Kejahatan PBB Jeremy Douglas mengatakan, empat orang ditangkap dalam penggerebekan narkoba di Kota Huay Xai pada Rabu dan kepolisian Laos juga menemukan 590 kilogram sabu.

"Empat orang yang ditangkap itu tingkatnya cukup rendah... tidak ada gembong," katanya kepada Jeremy Douglas seperti dilansir Straits Times.

Foto-foto penangkapan menunjukkan para tersangka dan polisi di depan dinding obat-obatan serta karung menumpuk seperti karung pasir.

"Ini penyitaan terbesar kedua yang pernah dilakukan Laos. Thailand tidak pernah melakukan penyitaan sebesar itu," kata Douglas.

Media Thailand melaporkan bahwa heroin dan senapan juga ditemukan selama penggerebekan malam itu.

Tablet sabu itu diyakini ditujukan untuk Thailand tetapi pil metamfetamin itu ditujukan untuk pasar bernilai lebih tinggi termasuk Australia, tambah Douglas.

Baca Juga: Penggerebekan Narkoba Terbesar di Asia, Polisi Laos Sita BB Berjumlah Spektakuler dari Segitiga Emas

Laos melakukan penyitaan tunggal terbesar kedua atas narkoba sebanyak 36 juta pil metamfetamin, kata pejabat PBB hari Sabtu (29/1/2922). Empat orang ditangkap di kota Huay Xai hari Rabu dan kepolisian Laos juga menemukan 590 kilogram sabu. (Sumber: ASEAN Tribune)

Melimpahnya pil sabu di wilayah tersebut telah membuat harga jual di jalanan anjlok di Bangkok dan kota-kota Asia Tenggara lainnya.

Para ahli mengatakan, produksi metamfetamin berada pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan telah diperburuk oleh kudeta di Myanmar tahun lalu yang melumpuhkan ekonomi dan mata pencaharian.

Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19