Kompas TV internasional kompas dunia

Milisi Kurdi Ultimatum Sisa Anggota ISIS di Penjara Suriah Utara yang Dijebol: Menyerah atau Mati!

Sabtu, 29 Januari 2022 | 17:38 WIB
milisi-kurdi-ultimatum-sisa-anggota-isis-di-penjara-suriah-utara-yang-dijebol-menyerah-atau-mati
Personel milisi Kurdi memindahkan orang yang diduga anggota ISIS di kota Hasaka, Suriah Utara. Milisi Kurdi penguasa wilayah itu mengatakan, sisa-sisa teroris ISIS yang bertahan di penjara akan menghadapi serangan habis-habisan jika tidak segera menyerah. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

HASAKA, KOMPAS.TV - Milisi Kurdi di Suriah Utara yang didukung kekuatan militer Amerika Serikat memberi ultimatum menyerah atau mati kepada puluhan sisa-sisa teroris ISIS yang bertahan di penjara Sinaa, kota Hasaka. Ultimatum itu dilontarkan satu minggu setelah para teroris ISIS menyerbu dan menjebol penjara tersebut untuk membebaskan kawan-kawan sesama teroris yang ditahan di penjara tersebut.

Milisi Kurdi penguasa wilayah itu mengatakan, sisa-sisa teroris ISIS yang bertahan di penjara akan menghadapi serangan habis-habisan jika tidak segera menyerah, seperti dilansir New York Times, Sabtu (29/1/2022).

ISIS menyerang penjara Sinaa di kota Hasaka dalam upaya untuk membebaskan ribuan personel ISIS. Mereka menerobos tembok dengan bom dan menahan beberapa dari hampir 700 tahanan anak di sana sebagai perisai manusia, menurut milisi Kurdi, Pasukan Demokratik Suriah SDF.

Perebutan penjara membuat pasukan Amerika Serikat terlibat aktif mendukung SDF yang dipimpin Kurdi, dalam pertempuran terbesar antara kelompok ISIS dan Amerika Serikat sejak runtuh dan hancurnya ISIS hampir tiga tahun lalu, yang mendeklarasikan kekhalifahan di wilayah Suriah dan Irak yang luas.

Serangan ISIS di penjara tersebut menyoroti bahaya besar meninggalkan tanggung jawab menjaga sisa-sisa kelompok teroris tersebut ke pasukan milisi Kurdi di wilayah miskin namun ingin melepaskan diri dari Suriah. 

Penjara yang diserbu ISIS itu menahan setidaknya 3.000 orang dari lebih 12 negara yang dituduh ikut kelompok ISIS. Ketika kekhalifahan jatuh, puluhan ribu personel ISIS, bersama dengan keluarga mereka, berada di bawah kendali SDF.

Ribuan anggota ISIS yang ditangkap ini adalah orang asing yang negara asalnya menolak untuk menerima kembali mereka.

Sebaliknya, mereka mendekam di penjara darurat dan kamp penahanan yang dijalankan oleh pasukan milisi yang menghadapi ancaman keamanannya sendiri.

“Situasi keamanan membutuhkan penjara yang terorganisir dan dukungan yang tepat untuk pasukan keamanan, serta pemerintahan yang mandiri di daerah di mana penjara ISIS berada,” kata Adnan Mansour dari Pusat Koordinasi dan Operasi Militer SDF.

"Jika tidak, ini akan menjadi perang baru, dan kami akan membutuhkan operasi militer."

Sumber : New York Times/Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19