Kompas TV internasional kompas dunia

Makin Panas di Perbatasan Rusia-Ukraina, Amerika Serikat akan Gelar Tentara di Eropa Timur

Sabtu, 29 Januari 2022 | 16:26 WIB
makin-panas-di-perbatasan-rusia-ukraina-amerika-serikat-akan-gelar-tentara-di-eropa-timur
Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Jumat, (28/1/2022) mengatakan akan segera mengirim sejumlah kecil pasukan untuk mendukung kehadiran NATO di Eropa Timur. Pengerahan pasukan itu signifikan secara politik dan militer, karena melibatkan AS secara fisik dalam ketegangan di perbatasan Ukraina dan Rusia. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Jumat (28/1/2022) mengatakan dia akan segera mengirim sejumlah kecil pasukan untuk mendukung kehadiran NATO di Eropa Timur, seperti dilansir Straits Times, Sabtu (29/1/2022), ketika ketegangan meningkat atas penggelaran besar-besaran militer Rusia di perbatasan Ukraina.

"Saya akan memindahkan pasukan ke Eropa Timur dan negara-negara NATO dalam waktu dekat. Tidak terlalu banyak," kata Biden kepada wartawan sekembalinya ke Washington dari pidato di Philadelphia.

Amerika Serikat sudah menggelar puluhan ribu tentara yang ditempatkan di sebagian besar Eropa Barat, tetapi Pentagon sedang mendiskusikan pengiriman sejumlah kecil bala bantuan ke sisi Eropa Timur yang saat ini sedang tegang.

Minggu ini, juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan, 8.500 tentara Amerika Serikat dalam "siaga tinggi" untuk kemungkinan pengerahan di Eropa dalam rangka memperkuat tentara NATO.

Pengerahan pasukan AS ke Eropa Timur signifikan secara politik dan militer, karena melibatkan AS secara fisik dalam ketegangan di perbatasan Ukraina dan Rusia.

Baca Juga: Kengerian Jika Rusia Serang Ukraina Diungkapkan Pentagon, Sebut akan Ada Kehancuran yang Signifikan

Peta Laut Hitam yang dikelilingi sejumlah negara, termasuk Rusia dan Ukraina. Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Jumat, (28/1/2022) mengatakan akan segera mengirim sejumlah kecil pasukan untuk mendukung kehadiran NATO di Eropa Timur. Pengerahan pasukan itu signifikan secara politik dan militer, karena melibatkan AS secara fisik dalam ketegangan di perbatasan Ukraina dan Rusia. (Sumber: country.eiu.com)

Ukraina bukan anggota NATO, tetapi Washington khawatir akan meluas ke negara-negara tetangga NATO jika Rusia menyerang Ukraina.

Moskow menegaskan tidak berencana untuk menyerang. Namun, Rusia telah menggelar lebih dari 100.000 pasukan tempur di perbatasan dan menuntut agar kekuatan Barat tidak menerima Ukraina untuk bergabung dengan aliansi NATO, serta tuntutan konsesi lainnya.

Biden memperingatkan dalam konferensi pers pekan lalu, serangan Rusia di Ukraina akan menghasilkan kebalikan dari tujuan yang dinyatakan Kremlin.

"Kami akan benar-benar meningkatkan kehadiran pasukan di Polandia, di Rumania, dan sebagainya jika dia benar-benar bergerak," kata Biden. "Mereka adalah bagian dari NATO."

Halaman Selanjutnya


Sumber : Straits Times

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19