Kompas TV regional berita daerah

Curah Hujan Tinggi di Awal Maret, BPBD Banjar Waspadai Potensi Banjir

Kompas.tv - 29 Januari 2022, 14:28 WIB

BANJAR, KOMPAS.TV - Intensitas hujan di Kalimantan Selatan, diperkirakan kembali meninggi pada awal bulan Maret 2022.

Intensitas hujan bahkan akan terjadi hingga 400 mililiter per detik  di sejumlah wilayah, diantaranya  di Kabupaten Banjar, sehingga dapat menyebabkan peningkatan volume air, khususnya di sungai Martapura.

Baca Juga: Brigjen TNI Firmansyah Pesani Prajurit Kodim Banjarmasin Jadi Bagian Pemecahan Masalah Masyarakat

Mengantisipasi  ancaman banjir, badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Banjar  menyiagakan  mulai dari penyiapan logistik, hingga menyiap siagakan pembangunan posko penanganan bencana.

“BPBD emang harus dari sekarang juga harus antisipasi, upaya-upaya yang dilakukan kita menyiapkan yang mendirikan posko komando penanganan bencana kemudian menyiapkan SDM dan peralatan misalkan untuk pemantauan-pemantauan atau penanganan-penanganan logistik dan evakuasi," ucap Ahmad Solkhan, Kepala BPBD Banjar.

Baca Juga: Pakai Dana Bank Dunia, Siring Veteran Banjarmasin Segera Digarap untuk Penanganan Banjir

Kawasan hulu seperti Kecamatan Sambung Makmur dan Pengaron menjadi wilayah yang  berpotensi  alami  hujan dengan curah hujan cukup tinggi pada masa tersebut.

Kewaspadaan perlu disiagakan karena beberapa daerah di kawasan tersebut dikenal rutin mengalami banjir dengan kedalaman parah hingga bisa mencapai lebih dari 2 meter.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x