Kompas TV video sinau

Ternyata Begini Sejarah Tombol Power Perangkat Elektronik

Kompas.tv - 29 Januari 2022, 18:00 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Teknologi tercipta untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dari beragam teknologi itu kebanyakan menggunakan daya listrik, sebagai penggeraknya.

Berbagai teknologi yang menggunakan tenaga listrik itu, disebut dengan alat elektronik. Supaya alat elektronik dapat dioperasikan, pengguna harus menekan tombol power.

Kalau diperhatikan lebih dekat tombol power di setiap perangkat elektronik memiliki simbol khusus, bentuknya lingkaran dengan garis vertikal di dalamnya.

Bagaimana asal-usulnya?

Melansir hai.grid.id simbol ini adalah bilangan biner yaitu sistem penulisan angka menggunakan dua simbol, yaitu 0 dan 1.

Umumnya angka biner dipakai untuk membuat kode alat digital, sehingga alat elektronik dapat berjalan otomatis.

Awalnya tombol power ini terpisah, angka 1= hidup, 0 = mati

Saat itu para insinyur perang dunia ii memberikan label angka 1 untuk menghidupkan mesin dan label angka 0 untuk mematikan mesin.

Pada tahun 1973, oleh International Electrotechnical Commission (IEC) label tersebut distandardisasi, sebagai simbol untuk menghidupkan dan mematikan perangkat elektronik. 

Baca Juga: Menggelikan, Pencuri Bodoh Ini Ditangkap usai Jambret Ponsel Jurnalis yang sedang Siaran Langsung

https://www.kompas.tv/article/224059/menggelikan-pencuri-bodoh-ini-ditangkap-usai-jambret-ponsel-jurnalis-yang-sedang-siaran-langsung 

Video Editor & Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x