Kompas TV regional peristiwa

Tak Mampu Lewati Tanjakan, Truk Pengangkut Trafo Seberat 150 Ton Terdampar di Bandung Barat

Sabtu, 29 Januari 2022 | 13:15 WIB
tak-mampu-lewati-tanjakan-truk-pengangkut-trafo-seberat-150-ton-terdampar-di-bandung-barat
Truk cometto pengangkut trafo Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITET) dengan muatan seberat 150 ton terdampar di Tanjakan Wadon, Jalan Raya Cikalong-Purwakarta, Desa Tenjo Laut, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (28/1/2022). (Sumber: Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

BANDUNG BARAT, KOMPAS.TV - Sebuah truk multi axle atau cometto pengangkut trafo Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITET) terdampar karena tak mampu melewati medan jalan yang miring.

Tepatnya, Jumat (28/1/2022) kemarin, peristiwa itu terjadi di Tanjakan Wadon, Jalan Raya Cikalong-Purwakarta, Desa Tenjo Laut, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Truk 160 roda tersebut, diketahui telah menempuh perjalanan selama kurang lebih 16 hari, dari Tasikmalaya dengan tujuan akhir di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Bukan main, truk itu membawa beban sekitar 150 ton.

Perwakilan tim pengawal truk cometto itu yang bernama Dani menuturkan, armadanya tersebut sebetulnya kerap melakukan perjalanan malam hari agar tak terlalu mengganggu kendaraan lainnya.

Baca Juga: Sopir Truk dalam Kecelakaan Maut di Balikpapan Jadi Tersangka, Terancam 6 Tahun Penjara

Mengingat, truk jenis ini memang tidak bisa melewati jalan tol, sehingga mesti menempuh perjalanan di berbagai daerah seperti Garut, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Bandung Barat.

"Tapi, pas di Tanjakan Gentong, (perjalanan) kami sampai siang karena jalurnya sulit. (Truk) kami kecepatannya hanya 15 km/jam," jelas Dani, dikutip dari Tribun Jabar, Jumat.

Hingga akhirnya, perjalanan truk itu terhenti di Tanjakan Wadon dan keempat belas krunya pun memutuskan untuk beristirahat sekalian di tempat yang sama.

"Total krunya ada 14 orang, sebelumnya kami sudah survey jalan berikut perizinan. Semuanya sudah koordinasi dengan daerah yang dilewati," terang Dani.

Dani mengungkapkan, mereka belum bisa memutuskan, kapan akan melanjutkan perjalanan yang nantinya akan melewati Purwakarta dan seterusnya.

Sumber : Tribun Jabar


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19