Kompas TV regional peristiwa

Kronologi 13 Kapal di Pelabuhan Tegal Terbakar, Petugas Alami Kendala Pemadaman

Kompas.tv - 29 Januari 2022, 09:49 WIB
kronologi-13-kapal-di-pelabuhan-tegal-terbakar-petugas-alami-kendala-pemadaman
Sebanyak 13 unit kapal milik nelayan hangus terbakar di Pelabuhan Kota Tegal pada Sabtu (29/1/2022) pagi. Petugas sedang berupaya memadamkan api. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

TEGAL, KOMPAS.TV – Sebanyak 13 unit kapal milik nelayan hangus terbakar di Pelabuhan Kota Tegal, Jawa Tengah Sabtu (29/1/2022) pagi.

Petugas sedang berupaya memadamkan api.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tegal AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 04.30 WIB.

“Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 04.30 WIB, ada salah satu kapal diduga terjadi korsleting listrik di kapal tersebut sehingga menimbulkan percikan api,” ucapnya.

Kemudian percikan api tersebut menyebar ke kapal-kapal lain, karena kondisi pelabuhan pada saat ini sedang padat dan dipenuhi dengan ratusan kapal.

“Saat ini ada ratusan kapal milik nelayan yang sedang bersandar di Pelabuhan Tegal, dengan kondisi yang sangat padat,” imbuhnya.

Baca Juga: Kebakaran Kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa Juga Hanguskan Kendaraan Roda 4

Padatnya pelabuhan ditambah dengan luas pelabuhan yang sangat kecil disebutnya menyulitkan para petugas untuk memadamkan api.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh petugas dalam mengatasi kebakaran adalah dengan melokalisir kapal yang terbakar agar menjauh dari kapal lain.

“Kita harapkan dapat membuka jalur kapal keluar dari pelabuhan ini, dan dapat mempercepat pemadaman kebakaran dan meyelamatkan kapal lain yang saat ini masih ada di sekitar lokasi kebakaran.”

Namun, untuk mempercepat kapal-kapal ini keluar dari jalur ini sangat sulit. Karena kebanyakan kapal ini tidak ada awak kapal atau kru yang seharusnya ada di tempat tersebut.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.