Kompas TV regional sosial

Kolaborasi Kompas Gramedia bersama KKN-PPM Universitas Padjajaran untuk Tingkatkan Literasi Keuangan

Kompas.tv - 29 Januari 2022, 03:05 WIB
kolaborasi-kompas-gramedia-bersama-kkn-ppm-universitas-padjajaran-untuk-tingkatkan-literasi-keuangan
Penyerahan Donasi Buku #AkuBaca Kompas Gramedia yang diwakilkan oleh Mahasiswa KKN-PPM Unpad kepada Kepala Panti Asuhan Bina Umat Gunawan. (Sumber: Tarissa Madina/Mahasiswa KKN-PPM Unpad)

JATINANGOR, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari dua tahun ini menyebabkan beberapa Usaha Menengah & Kecil (UMK) mengalami kesulitan untuk bertahan, bahkan beberapa di antaranya harus gulung tikar.

Di tengah perkembangan zaman ini, semakin banyak kemudahan yang dapat dimanfaatkan UMK untuk bertahan dan terus mengembangkan usahanya, salah satunya adalah penggunaan financial technology (fin-tech).

Agar fin-tech dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku UMK, maka mereka perlu memiliki bekal pengetahuan terkait pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha. Pengetahuan itu menjadi untuk menentukan fin-tech yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebagai upaya membantu meningkatkan literasi keuangan pelaku UMK, Kompas Gramedia berkolaborasi dengan KKN-PPM Universitas Padjajaran dengan memberikan donasi buku #AkuBaca sebanyak 2 kardus kepada pelaku usaha di wilayah Kelurahan Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Kamis (27/01/2022).

Buku yang didonasikan bertema seputar keuangan dan pemanfaatan teknologi untuk pengembangan usaha.

Baca Juga: Literasi Keuangan RI Kalah Jauh dari Singapura, Luhut: Risikonya Tinggi Tak Paham Fungsi

Kolaborasi ini disambut baik oleh Dosen Pembimbing Lapangan KKN-PPM Universitas Padjajaran Layyinaturrobaniyah SE, MSi.

“Donasi buku #Akubaca dari Kompas Gramedia merupakan kegiatan yang sangat baik untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. Terlebih kegiatan tersebut dapat dikolaborasikan dengan pelaksanaan kegiatan KKN-PPM Unpad yang mengangkat Tema Peningkatan Literasi Keuangan Pelaku UMK di Jawa Barat."

"Besar harapan saya program #Akubaca ini dapat menjadi program yang berkelanjutan dan mencakup wilayah yang lebih luas lagi sehingga dapat bersama-sama mewujudkan generasi yang gemar membaca sehingga pengetahuan masyarakat, terutama di daerah terpencil dapat semakin meningkat. Semoga lebih banyak lagi buku-buku mengenai literasi keuangan yang dapat dibagikan kepada masyarakat, khususnya bagi para pelaku usaha mikro dan kecil."

Selain itu, Kompas Gramedia dan KKN-PPM Universitas Padjajaran juga berkolaborasi menyalurkan donasi buku ke Panti Asuhan Bina Umat di Rancaekek untuk membantu mengembangkan fasilitas perpustakaan yang ada di sana. Kepala Panti Asuhan Bina Umat Gunawan menyampaikan program donasi buku #AkuBaca ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan literasi masyarakat.

“Memang anak panti di sini sangat membutuhkan uluran tangan dan bantuan dari berbagai pihak dalam bentuk apa pun itu, apalagi dalam bentuk buku. Anak panti akan sangat terkesan dan terbantu dengan adanya program donasi buku #AkuBaca ini, terutama kepada Kompas Gramedia dan Tim KKN Unpad."

"Saya selaku kepala panti asuhan yang mendampingi dan menghidupi anak-anak yang selalu dalam harinya ada keinginan belajar dan belajar turut bahagia dengan adanya bantuan berupa buku yang nantinya akan saya taruh pada perpustakaan khusus panti asuhan ini."

"Semoga selalu disertai kebaikan yang tak terputus untuk Kompas Gramedia dan mahasiswa Unpad yang sudah bersedia membantu panti asuhan ini dan juga pihak-pihak yang berpartisipasi di dalamnya."

Baca Juga: DKK Salurkan Donasi Buku #AkuBaca untuk Pemulihan Sekolah Pasca-Bencana

Dalam kesempatan yang sama, CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto juga menyampaikan pentingnya kolaborasi antar pihak untuk sama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Bentuk kolaborasi seperti ini yang selalu kami harapkan untuk terus bisa membangun kehidupan bangsa yang lebih cerdas, tidak hanya lokasi di mana unit Kompas Gramedia berada, tetapi juga di lokasi-lokasi yang membutuhkan bantuan peningkatan literasi. Semoga kegiatan KKN-PPM Universitas Padjajaran bisa mewujudkan tingkat literasi yang merata di seluruh Indonesia, khususnya di Jawa Barat,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.