Kompas TV regional sosial

Kolaborasi Kompas Gramedia bersama KKN-PPM Universitas Padjajaran untuk Tingkatkan Literasi Keuangan

Sabtu, 29 Januari 2022 | 03:05 WIB
kolaborasi-kompas-gramedia-bersama-kkn-ppm-universitas-padjajaran-untuk-tingkatkan-literasi-keuangan
Penyerahan Donasi Buku #AkuBaca Kompas Gramedia yang diwakilkan oleh Mahasiswa KKN-PPM Unpad kepada Kepala Panti Asuhan Bina Umat Gunawan. (Sumber: Tarissa Madina/Mahasiswa KKN-PPM Unpad)

Penulis : Hariyanto Kurniawan

JATINANGOR, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari dua tahun ini menyebabkan beberapa Usaha Menengah & Kecil (UMK) mengalami kesulitan untuk bertahan, bahkan beberapa di antaranya harus gulung tikar.

Di tengah perkembangan zaman ini, semakin banyak kemudahan yang dapat dimanfaatkan UMK untuk bertahan dan terus mengembangkan usahanya, salah satunya adalah penggunaan financial technology (fin-tech).

Agar fin-tech dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku UMK, maka mereka perlu memiliki bekal pengetahuan terkait pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha. Pengetahuan itu menjadi untuk menentukan fin-tech yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebagai upaya membantu meningkatkan literasi keuangan pelaku UMK, Kompas Gramedia berkolaborasi dengan KKN-PPM Universitas Padjajaran dengan memberikan donasi buku #AkuBaca sebanyak 2 kardus kepada pelaku usaha di wilayah Kelurahan Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Kamis (27/01/2022).

Buku yang didonasikan bertema seputar keuangan dan pemanfaatan teknologi untuk pengembangan usaha.

Baca Juga: Literasi Keuangan RI Kalah Jauh dari Singapura, Luhut: Risikonya Tinggi Tak Paham Fungsi

Kolaborasi ini disambut baik oleh Dosen Pembimbing Lapangan KKN-PPM Universitas Padjajaran Layyinaturrobaniyah SE, MSi.

“Donasi buku #Akubaca dari Kompas Gramedia merupakan kegiatan yang sangat baik untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. Terlebih kegiatan tersebut dapat dikolaborasikan dengan pelaksanaan kegiatan KKN-PPM Unpad yang mengangkat Tema Peningkatan Literasi Keuangan Pelaku UMK di Jawa Barat."

"Besar harapan saya program #Akubaca ini dapat menjadi program yang berkelanjutan dan mencakup wilayah yang lebih luas lagi sehingga dapat bersama-sama mewujudkan generasi yang gemar membaca sehingga pengetahuan masyarakat, terutama di daerah terpencil dapat semakin meningkat. Semoga lebih banyak lagi buku-buku mengenai literasi keuangan yang dapat dibagikan kepada masyarakat, khususnya bagi para pelaku usaha mikro dan kecil."

Selain itu, Kompas Gramedia dan KKN-PPM Universitas Padjajaran juga berkolaborasi menyalurkan donasi buku ke Panti Asuhan Bina Umat di Rancaekek untuk membantu mengembangkan fasilitas perpustakaan yang ada di sana. Kepala Panti Asuhan Bina Umat Gunawan menyampaikan program donasi buku #AkuBaca ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19