Kompas TV olahraga kompas sport

Presiden CONMEBOL Tegas Tolak Piala Dunia Dua Tahunan

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 21:12 WIB
presiden-conmebol-tegas-tolak-piala-dunia-dua-tahunan
Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez tegas menolak rencana Piala Dunia dua tahunan. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden konfederasi sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL), Alejandro Dominguez, telah menegaskan kembali bahwa tim-tim dari kawasannya akan memboikot rencana FIFA untuk Piala Dunia dua tahunan dan mengatakan "tidak ada kemungkinan" bahwa proposal semacam itu akan disetujui.

Dominguez berkata bahwa upaya Presiden FIFA Gianni Infantino untuk terus mendorong keinginannya untuk menggelar Piala Dunia setiap dua tahun hanyalah buang-buang waktu saja. 

“CONMEBOL tidak akan bermain (Piala Dunia) setiap dua tahun dan itu final. ... Ini adalah 'tidak boleh,' tidak ada kesempatan,” kata Domínguez kepada Associated Press, Kamis (27/1/2022). 

"(Rencana) ini sudah mati saat lahir, kami telah menjelaskannya sejak hari pertama," sambungnya. 

Infantino sendiri bersikeras untuk menyelenggarakan Piala Dunia dua tahunan karena dianggapnya semakin banyak memberi kesempatan negara lain untuk tampil dan juga pendapatan yang lebih besar. 

Namun Dominguez menegaskan, jika FIFA tetap menggelar Piala Dunia dua tahunan, tim asal Amerika Selatan dan mungkin juga Eropa tidak akan ambil bagian dalam format tersebut. 

“Tanpa tim Eropa dan Amerika Selatan, saya ragu seseorang dapat mencapai pendapatan yang mereka bicarakan,” ujar Dominguez.

Baca Juga: Eric Cantona Tidak Peduli dan Tak akan Nonton Piala Dunia 2022 Qatar, Kenapa?

Sebelumnya, Presiden UEFA Aleksander Ceferin juga secara terbuka menentang rencana FIFA, dan ketidaksetujuan mereka terhadap proposal tersebut.

Satu suara antara UEFA dan CONMEBOL tersebut membuat induk olahraga sepak bola Eropa dan Amerika Selatan itu mempunyai hubungan yang semakin dekat.

Dua pekan lalu, Ceferin sempat mengunjungi Dominguez dalam perayaan enam tahunnya memimpin CONMEBOL. 

Meski menentang ide Piala Dunia dua tahunan, Dominguez mengaku bahwa ia sama sekali tidak memiliki masalah pribadi dengan Infantino.

“Ini bukan tindakan menentang Infantino,” ungkapnya. 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.