Kompas TV regional berita daerah

Kasus Covid Kota Malang Tertinggi di Jatim, Mayoritas Jalani Isoman

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 20:30 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Kasus covid di Kota Malang tertinggi di Jawa Timur. Tingginya kasus covid disebut karena testing dan tracing gencar dilakukan.

Berdasarkan data satgas covid-19 Pemrov Jatim per 27 Januari 2022, terdapat tambahan 24 kasus positif dengan kasus aktif sebanyak 169 kasus, bertambah 12 kasus aktif.

Ditemui di Balai Kota Malang, Wali Kota Malang Sutiaji membenarkan kasus covid tengah tinggi dalam kurun waktu sepekan terakhir. Ia menyebut naiknya kasus disebabkan penguatan testing dan tracing, karena transmisi perjalanan dari luar daerah yang tinggi.

“Pertama karena kita lakukan penguatan testing, dari testing muncul kasus baru. Kedua tracing otomatis, diperbanyak lalu muncul kasus baru. Rata-rata dari transmisi perjalanan ke luar daerah, pulang terpapar covid. Banyak yang tidak bermasker juga” kata Sutiaji, Jumat (28/01/2022).

Pemerintah Kota Malang telah melakukan sejumlah upaya. Diantaranya gencar melakukan razia prokes bersama TNI Polri setiap harinya, serta melakukan pengalihan arus lalu lintas dan penutupan dua jalan besar di malam hari. 

Dari jumlah kasus covid yang tinggi, mayoritas merupakan OTG dan menjalani isolasi mandiri. Masyarakat juga diminta tidak lalai dalam menerapkan prokes dan melaporkan setiap perjalanan maupun kedatangan dari luar daerah, ke petugas di wilayah tinggal.

“Pasien rata-rata memang OTG, dilokalisir treatment pengawasan Puskesmas atau FKTP di masing-masing wilayah dikuatkan, sambil penguatan di PPKM mikro. Juga harus ada keterbukaan masyarakat, karena yang banyak kasus, dia tidak pernah menyampaikan dia terpapar. Banyak yang OTG, lebih dari 98 persen” tandasnya.

#kasuscovidtinggi #kotamalang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.