Kompas TV video sinau

Punya Kebiasaan Mendengarkan Musik Sebelum Tidur? Ini Plus Minusnya...

Kompas.tv - 30 Januari 2022, 20:20 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Mendengarkan musik jadi kebiasaan sebagian orang untuk hiburan kala merasa suntuk, hingga membantu mengundang kantuk.

Namun sebenarnya, apa dampak mendengarkan musik sebelum tidur?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di PubMed pada 2005 menemukan, orang yang mendengarkan musik 45 menit sebelum tidur memiliki kualitas tidur jauh lebih baik daripada mereka yang tidak mendengarkan musik sebelum tidur.

Penelitian lain yang terbit di jurnal PLOS One menunjukkan bahwa mendengarkan musik saat tidur membantu orang-orang mengatasi gangguan tidur.

Memutar musik sebelum tidur membuat otak bereaksi dengan mengirimkan sinyal ke setiap bagian tubuh.

Baca Juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh dan Otak saat Seseorang Tidur

Dilansir dari Sleep Foundation, salah satu efek tidur ditemani musik adalah pelepasan hormon dopamin yang dapat meningkatkan perasaan bahagia. Hal ini dapat mengalahkan kecemasan dan rasa stres sebagai penyebab susah tidur.

Namun, mendengarkan musik sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur.

Melansir Verywell Mind, tidur ditemani musik dapat menyebabkan sindrom earworm, yaitu kondisi saat sebuah lagu atau nada diputar berulang-ulang di benak seseorang.

Kondisi ini membuat otak menjadi aktif dan lebih terjaga di malam hari, sehingga mengganggu kualitas tidur secara keseluruhan.

Jika ingin mencoba mendengarkan musik sebelum tidur, pilih musik dengan tempo 60 hingga 80 beats per minutes (bpm) yang kurang lebih sama dengan irama denyut jantung saat tidur.

Hindari penggunaan earphone untuk mencegah risiko infeksi telinga, dan dengarkan musik lewat speaker dengan volume normal.

Jika khawatir mengalami sindrom earworm saat mendengarkan musik, manfaatkan waktu 5 sampai 10 menit sebelum tidur untuk menulis daftar tugas esok hari.

Selain itu, menuangkan pemikiran ke kertas dapat mengurangi overthinking dan membuat tidur lebih cepat.

(*)

Video Editor & Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.