Kompas TV video sinau

Penjepit Kemasan Roti Tawar Punya Warna Berbeda-beda, Apa Artinya?

Sabtu, 29 Januari 2022 | 08:00 WIB

Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Roti tawar merupakan salah satu makanan yang kerap dijadikan menu sehari-hari, terutama saat sarapan.

Selain praktis, roti tawar juga mudah ditemukan dan dijual di berbagai toko kecil hingga besar. Setiap kemasan roti tawar umumnya dibungkus dengan plastik dan diberi penjepit di bagian atasnya.

Tahukah kamu, dilansir dari Atlas Obscura, penjepit kemasan roti tawar pertama kali ditemukan pada 1950-an oleh Floyd Paxton dan dipatenkan pada 1970-an.

Penjepit kemasan roti tawar atau bread clip ini berfungsi untuk membantu menutup bagian kemasan yang sudah dibuka.

Melansir Tasting Table, selain membuat roti tawar lebih tahan lama, setiap penjepit dengan warna yang berbeda juga menunjukkan waktu pembuatan roti.

Baca Juga: Bahaya! 3 Bahan Makanan Ini Ternyata Tak Boleh Dimakan Bareng Roti Tawar

Penjepit kemasan warna biru menunjukkan roti dibuat di hari Senin, warna hijau berarti roti dibuat hari Selasa atau Rabu, dan warna merah untuk pembuatan hari Kamis.

Kemudian jika menemukan penjepit kemasan berwarna putih, berarti roti dibuat pada hari Jumat. Untuk roti yang dibuat di hari Sabtu atau Minggu, maka menggunakan penjepit kemasan warna kuning.

Meski penjepit warna-warni memudahkan orang untuk mengetahui waktu pembuatan roti, namun tidak semua pabrik roti melakukan hal ini. Terlebih, tidak ada standar internasional dari warna penjepit kemasan roti tawar ini.

Selain melihat warna stiker atau penjepit, sebaiknya tetap teliti melihat tanggal yang tertera pada kemasan roti. Ada kemasan roti yang diberi tulisan tanggal pembuatan, dan ada yang diberi tanggal kedaluwarsanya.

Jika tanggal kedaluwarsa sudah lewat, sebaiknya teliti untuk memeriksa apakah ada jamur yang tumbuh pada roti sebelum memutuskan untuk membeli atau mengonsumsinya.

(*)

Video Editor & Grafis: Agus Eko

Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19