Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Australia Janjikan Tambahan A$1 Miliar untuk Rawat dan Konservasi Great Barrier Reef

Jumat, 28 Januari 2022 | 15:46 WIB
pemerintah-australia-janjikan-tambahan-a-1-miliar-untuk-rawat-dan-konservasi-great-barrier-reef
Great Barrier Reef Australia. menjanjikan dana tambahan sebesar 1 miliar dolar Australia atau setara 10 triliun rupiah untuk merawat dan melindungi deretan terumbu karang terbesar di dunia Great Barrier Reef dan mendukung ribuan pekerja pariwisata. (Sumber: Antara)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

SYDNEY, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Australia Scott Morrison menjanjikan dana tambahan sebesar 1 miliar dolar Australia atau setara 10 triliun rupiah untuk merawat dan melindungi deretan terumbu karang terbesar di dunia Great Barrier Reef dan mendukung ribuan pekerja pariwisata, seperti dilansir Antara.

Morrison, yang didera tekanan publik atas penanganan terhadap wabah Covid-19 terburuk di Australia yang dipicu oleh varian Omicron mengatakan, investasi itu akan membantu melindungi sekitar 64.000 pekerjaan di Queensland yang bergantung pada terumbu karang.

Negara bagian timur laut itu akan menjadi medan pertempuran besar ketika Morrison maju ke pemilu federal pada Mei mendatang, menargetkan masa jabatan keempat kali berturut-turut bagi koalisi partai konservatif.

"Kami mendukung kesehatan terumbu karang dan masa depan ekonomi sektor pariwisata, penyedia perhotelan, dan masyarakat Queensland yang menjadi jantung ekonomi terumbu karang," kata Morrison dalam sebuah pernyataan, Jumat.

Pendanaan tambahan yang akan digunakan selama sembilan tahun ke depan akan menambah paket senilai 2 miliar dolar Australia atau sekitar 20,2 triliun rupiah yang ditujukan untuk melindungi terumbu karang dari ancaman lingkungan selama tiga dekade mendatang.

Terdiri dari lebih dari 3.000 terumbu individu yang membentang sejauh 2.300 kilometer, Great Barrier Reef kehilangan lebih dari setengah karangnya selama tiga dekade akibat hantaman gelombang panas laut yang memicu tiga peristiwa pemutihan terumbu karant terbesar dalam lima tahun terakhir.

Baca Juga: Waduh 14 Persen Terumbu Karang Dunia Musnah Satu Dekade Terakhir Akibat Pemanasan Global

14 persen terumbu karang dunia musnah sejak 2009 hingga 2018 akibat penangkapan ikan ilegal, destruktif dan tidak teregulasi, diperparah dengan polusi dan polutan, dengan sebagian besar musnah akibat pemanasan global, seperti laporan Global Reef Monitoring Network 05 Oktober 2021 (Sumber: Bloomberg)

Lebih dari setengah dari dana tambahan itu untuk meningkatkan kualitas air dengan mencegah erosi tanah dan membatasi limpahan nutrisi dan pestisida pertanian yang bocor ke terumbu karang. Sisanya akan digunakan untuk menargetkan spesies invasif dan untuk sistem pemantauan.

Kelompok lingkungan Greenpeace menyatakan keterkejutan atas rencana pemerintah Australia mengalokasikan lebih banyak dana perlindungan terumbu karang sementara mengabaikan perubahan iklim.

Morrison dengan tegas mengesampingkan tindakan lebih keras terhadap emisi gas rumah kaca, dengan alasan itu akan merugikan tenaga kerja. Dia juga mengesampingkan penguatan target emisi 2030 Australia.


Sumber : Kompas TV/Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:29
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19