Kompas TV olahraga kompas sport

Ini Alasan Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria Dicoret dari Pelatnas PBSI

Jumat, 28 Januari 2022 | 15:35 WIB
ini-alasan-praveen-melati-dan-hafiz-gloria-dicoret-dari-pelatnas-pbsi
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil meraih kemenangan di pertandingan kedua penyisihan grup B BWF World Tour Finals 2021, Kamis (2/12/2021). (Sumber: Antara)

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Praveen/Melati tak lagi menjadi penghuni pemusatan latihan nasional (pelatnas) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) nomor SKEP/007/1.3/I/2022 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna bersama Sekjen PBSI Irjen Pol Muhammad Fadil Imran di Jakarta pada 24 Januari 2022.

Dalam SK itu, Praveen/Melati dan satu pasangan lainnya, yakni Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, tak tercantum pada daftar ganda campuran utama.

Pelatih kepala ganda campuran Nova Widianto pun mengungkapkan, ada empat alasan yang mendasari keputusan tersebut, yakni prestasi, usia, periode di pelatnas, dan karakteristik.

"Ada beberapa parameter, salah satunya prestasi satu - dua tahun terakhir ini. Kedua, usia. Ketiga, berapa tahun sudah di pelatnas, dan keempat, ada karakter juga," kata Nova dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/1/2022).  

Baca Juga: Pelatih Belum Pastikan Praveen/Melati Tercoret dari Pelatnas PBSI

"Untuk Praveen/Melati, mereka masih yang terbaik di pelatnas. Namun, dalam prestasi 1-2 tahun terakhir, karena mereka sudah juara All England, ekspektasi PBSI ingin mereka stabil dan juara terus," ujar Nova.

"Ternyata dalam 1-2 tahun, setelah All England, hasilnya tidak memuaskan. Kami sepakat, khususnya di ganda campuran, harus ada regenerasi. Mereka, istilahnya, juga sudah lama di pelatnas," tutur Nova. 

Setelah tak lagi di pelatnas PBSI, Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, dan Gloria Emanuelle Widjaja, kini kembali ke klub asal mereka PB Djarum.

Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin mengatakan bahwa Praveen/Melati saat ini terus berlatih untuk mempersiapkan diri ikut sejumlah turnamen termasuk All England yang dijadwalkan berlangsung pada Maret 2022. 

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x