Kompas TV olahraga kompas sport

FIFA Matchday, PSSI Sudah Kirim Surat ke Kroasia dan 2 Negara Lainnya

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 14:52 WIB
fifa-matchday-pssi-sudah-kirim-surat-ke-kroasia-dan-2-negara-lainnya
Mochamad Iriawan membuat kejutan dengan mengatakan telah mengajak runner up Piala Dunia 2018, Kroasia untuk menjadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday. (Sumber: PSSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan membuat kejutan dengan mengatakan telah mengajak runner up Piala Dunia 2018, Kroasia untuk menjadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday selanjutnya.

Federasi bahkan telah melayangkan surat resmi. Pernyataan tersebut diungkapkan Mochamad Iriawan sebelum menyaksikan pertandingan FIFA Matchday antara Indonesia melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (27/1/2022) malam.

Ia juga mengungkapkan, federasi mematok target Timnas Indonesia bisa menembus 150 besar Ranking FIFA tahun ini.

Demi memenuhi target tersebut, federasi pun mengupayakan lawan yang lebih kuat dengan harapan mendompleng peringkat Indonesia ada tiga negara yang diproyeksi jadi lawan Indonesia pada FIFA Matchday selanjutnya.

Baca Juga: Usai Lawan Timor Leste, Timnas Indonesia Berencana Tantang Uzbekistan atau Kroasia

“Kami sudah bersurat ke Kroasia, Tajikistan, dan Uzbekistan, itu tim yang tinggi ranking FIFA-nya. Sehingga, poinnya akan cukup tinggi kalau kita bisa melakukan hal bagus,” ujar Iwan Bule.

“Setahun ini sudah kami susun program-programnya karena target saya tahun ini kita bisa di atas 150,” ucapnya.

Pertanyaan tersebut sekaligus menjawab keresahan publik terkait lawan yang dihadapi Indonesia pada FIFA Matchday kali ini.

Sebab, federasi tampak melewatkan kesempatan mendulang poin di level internasional pada jeda kali ini dengan memilih Timor Leste sebagai lawan.

Akan tetapi, Mochamad Iriawan menjelaskan kembali duduk permasalahan mulai dari pembatalan melawan Bangladesh sampai berakhir ke Timor Leste. Melalui pernyataan tersebut, dia mempertegas bahwa PSSI serius untuk memajukan sepak bola Indonesia.

”Jadi kita mencari tim-tim yang di atas, tapi kan ada keterbatasan. Ada protokol kesehatan disini yang mengharuskan dua kali vaksin, karantina, dsb. Yang jelas programnya sudah ada,” kata dia.

Selain itu, pelaksanaan FIFA Matchday di Pulau Dewata Bali juga menjadi bagian program PSSI untuk meningkatkan performa Timnas Indonesia.

Sebab, pelatih Shin Tae-yong bisa memantau langsung dan memilih langsung pemain-pemain potensial yang diinginkan selama seri 4 Liga 1  2021 yang juga dilaksanakan di Bali.

“Kenapa pilih di sini? Karena Liga 1 diselenggarakan di Bali sehingga pemain-pemain yang ada di Liga 1 ada di sini, sehingga masuk pertimbangan efisiensi,” ucapnya.

Baca Juga: Usai Kalahkan Timor Leste, Timnas Indonesia Melesat ke Peringkat 161 FIFA



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x