Kompas TV internasional kompas dunia

Hampir 80 Orang Tewas Disapu Badai Tropis Ana di Afrika Bagian Selatan

Jumat, 28 Januari 2022 | 15:00 WIB
hampir-80-orang-tewas-disapu-badai-tropis-ana-di-afrika-bagian-selatan
Korban tewas akibat badai yang melanda tiga negara Afrika selatan naik menjadi 77 orang hari Kamis, 27 Januari 2022 ketika tim darurat berjuang untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak dan membantu puluhan ribu korban. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MAPUTO, KOMPAS.TV - Korban tewas akibat badai yang melanda tiga negara Afrika selatan naik menjadi 77 orang hari Kamis (27/1/2022) ketika tim darurat berjuang untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak dan membantu puluhan ribu korban.

Membawa hujan sangat deras, Badai Tropis Ana menyapu Madagaskar hari Senin kemarin, sebelum menyapu Mozambik dan Malawi.

Petugas penyelamat dan pihak berwenang di tiga negara masih mengukur tingkat kerusakan akibat sapuan badai tersebut.

Madagaskar telah melaporkan 48 kematian, dengan 18 lainnya tewas di Mozambik dan 11 di Malawi. Sisa-sisa badai telah melewati Zimbabwe, tetapi tidak ada kematian yang dilaporkan di sana.

Puluhan ribu rumah rusak di tiga negara yang paling terpukul. Beberapa runtuh dihantam hujan lebat, menjebak korban di reruntuhan puing-puing rumah mereka

Banjir bandang akibat meluapnya sungai menghanyutkan jembatan dan menenggelamkan ladang, ternak dan menghancurkan mata pencaharian keluarga wilayah pedesaan.

Baca Juga: Korban Jiwa dalam Kericuhan di Stadion Piala Afrika Bertambah Jadi 8 Orang, Anak 14 Tahun Tewas

Korban tewas akibat badai yang melanda tiga negara Afrika selatan naik menjadi 77 orang hari Kamis, 27 Januari 2022 ketika tim darurat berjuang untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak dan membantu puluhan ribu korban. (Sumber: Straits Times)

Di Madagaskar, 130.000 orang pergi mengungsi meninggalkan rumah mereka. Di ibu kota Antananarivo, sekolah dan pusat kebugaran diubah menjadi tempat penampungan darurat.

"Kami hanya membawa barang-barang kami yang paling penting," kata Berthine Razafiarisoa, yang berlindung di gym bersama keluarganya yang terdiri dari 10 orang, seperti dilansir Straits Times.

Di Mozambik utara dan tengah, Badai Tropis Ana menghancurkan 10.000 rumah, lusinan sekolah dan rumah sakit, sambil meruntuhkan rangkaian tiang listrik.

Layanan cuaca Mozambik memperingatkan bahwa badai lain, bernama Batsirai, telah terbentuk di atas Samudra Hindia dan akan mendarat dalam beberapa hari mendatang.


Sumber : Straits Times

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x