Kompas TV entertainment selebriti

Aliando Syarief Mengaku Idap OCD hingga Sulit Bergerak, Apa Penyebab dan Gejalanya?

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 13:28 WIB
aliando-syarief-mengaku-idap-ocd-hingga-sulit-bergerak-apa-penyebab-dan-gejalanya
Aliando Syarief menderita OCD. Berikut pengertian, penyebab dan gejalanya. (Sumber: Instagram)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pesinetron muda Aliando Syarief,  mengagetkan publik lantaran mengaku mengidap penyakit gangguan mental obsessive compulsive disorder (OCD) yang cukup ekstrem.

Aliando membeberkan pengalamannya menderita OCD itu di sebuah tayangan live Instagram pada Kamis (27/1/2022).

Bahkan saat OCD Aliando Syarief kambuh, pemain "Ganteng-Ganteng Serigala" itu sampai sulit menggerakkan tubuhnya.

"Enggak bisa liburan, untuk mandi aja gue enggak bisa lho. Mandi itu susah, kayak mau jalan naik mobil atau ngambil barang itu sulit," kata Aliando Syarief dalam akun @aliandooo.

"Mandi si mandi tetap, tapi mandinya bayangin butuh perjuangan. Kayak gue lagi mandi tiba-tiba lu garuk kepala sampai tengkorak gitu," lanjutnya.

Baca Juga: Selain Aliando Syarief, 8 Artis Ini Akui Idap OCD

Mengalami OCD yang cukup ekstrem, pria 25 tahun itu hingga kini masih menjalani terapi agar kondisinya tak semakin parah.

Apa Itu OCD?

Melansir psychiatry.org, OCD adalah gangguan mental yang membuat orang memiliki pikiran, ide, atau sensasi yang berulang dan tidak diinginkan (obsesi) yang membuat mereka merasa terdorong untuk melakukan sesuatu secara berulang (kompulsi).

Perilaku berulang tersebut seperti mencuci tangan, memeriksa atau membersihkan barang-barang. Jika dibiarkan OCD dapat secara signifikan mengganggu aktivitas sehari-hari dan interaksi sosial seseorang.

Orang tanpa OCD juga bisa memiliki pemikiran dan perilaku tersebut, namun biasanya bisa dikontrol tidak mengganggu kehidupan sehari-hari.



Sumber : Psychiatry.org, NHS

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.