Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Iran Sebut Kehadiran Asing di Kawasan Asia Barat Picu Ketidakamanan

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 13:21 WIB
presiden-iran-sebut-kehadiran-asing-di-kawasan-asia-barat-picu-ketidakamanan
Presiden Iran Ebrahim Raisi saat melakukan wawancara dengan stasiun televisi milik pemerintah di Teheran, Iran pada 25 Januari 2022. Raisi mengatakan persetujuan dengan Amerika Serikat terkait kesepakatan nuklir Iran mungkin tercapai jika sanksi-sanksi terhadap Iran dicabut. (Sumber: Kantor Kepresidenan Iran via AP)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Gading Persada

TEHERAN, KOMPAS.TV - Presiden Iran Ebrahim Raisi menyebut kehadiran pihak-pihak asing di kawasan Asia Barat memicu ketidakamanan karena mereka menganggap diri sebagai penguasa dunia.

Pernyataan itu disampaikan Raisi dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani di Teheran, Kamis (27/1/2022).

"Kehadiran asing di kawasan Asia Barat hanya memicu ketidakamanan yang meningkat dan menimbulkan kekhawatiran," ujar Raisi seperti dikutip dari Press TV.

"Asing tidak memiliki penghormatan kepada identitas dan karakter negara-negara dan pemerintah-pemerintah di kawasan dan meyakini diri mereka sebagai penguasa dunia," imbuhnya.

"Mereka mesti menanggalkan kesombongan dan jiwa berpuas diri mereka dan mengakui identitas dan budaya negara-negara (di kawasan)."

Raisi menilai, hubungan baik dan sinergi antara negara-negara bertetanggalah yang dapat mewujudkan keamanan di kawasan tersebut.

Baca Juga: Iran Ingatkan Azerbaijan terkait Israel, Sebut Zionis Tak Bisa Jadi Teman Negara Islam

Iran, kata Raisi, selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsipnya dalam berbagai isu dan tidak memedulikan apa yang diinginkan negara-negara yang memusuhinya.

"Inilah kenapa orang-orang Amerika secara resmi menyatakan bahwa kebijakan tekanan maksimum mereka tidak membuahkan hasil," ungkapnya.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meluncurkan apa yang disebutnya sebagai kebijakan tekanan maksimum terhadap Iran pada 2018 setelah menarik negaranya dari perjanjian nuklir multilateral dengan Teheran.



Sumber : Press TV/Mehr News Agency

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.