Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Peringatkan Zelensky, Serangan Rusia ke Ukraina Pasti Terjadi

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 12:00 WIB
biden-peringatkan-zelensky-serangan-rusia-ke-ukraina-pasti-terjadi
Presiden AS Joe Biden memberitahu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa serangan Rusia pasti akan terjadi. (Sumber: P Photo/Andrew Harnik)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa serangan Rusia ke Ukraina pasti terjadi.

Peringatan itu dilontarkan Biden saat menghubungi Zelensky, Kamis (27/1/2022).

Pada pembicaraan tersebut, Biden dikabarkan memberitahu Zelensky bahwa serangan kemungkinan akan terjadi pada Februari mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pejabat senior Ukraina kepada CNN.

Baca Juga: Waspada Serangan Siber Rusia, Inggris Diminta Periksa Kekuatan Pertahanan Sibernya

Ia juga mengungkapkan bahwa meski pembicaraan berlangsung panjang dan jujur, tetapi ada ketidaksepakatan antara keduanya terkait level ancaman Rusia.

Meski Biden menegaskan ancaman serangan Rusia hampir pasti terjadi, Zelensky tetap tak sependapat.

Presiden yang juga mantan komedian itu menegaskan posisinya, yang menganggap ancaman Rusia sebagai bahaya tetapi juga ambigu, serta tak yakin penyerangan akan terjadi.

Namun, Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Emily Horne membantah penjelasan dari pejabat senior Ukraina terkait adanya ketidaksepahaman antara kedua pemimpin.

Baca Juga: Rusia Kerahkan Puluhan Kapal Perang ke Laut Hitam Kepung Ukraina, Peneliti: Putin Sedang Main Catur

“Sumber anonim telah membocorkan kepalsuan. Presiden Biden mengatakan bahwa ada kemungkinan yang berbeda, bahwa Rusia dapat menyerang Ukraina pada Februari,” kata Horne.

“Ia telah mengatakan ini secara terbuka dan kami juga telah memperingatkannya selama berbulan-bulan. Laporan tentang sesuatu yang lebih atau berbeda dari itu sepenuhnya salah,” tambahnya.

Pembicaraan antara keduanya muncul setelah AS dan NATO terus bersiap dengan kemungkinan serangan Rusia ke Ukraina.

Meski terus menegaskan pentingnya diplomasi, AS memperingatkan penyerangan bisa segera terjadi mengingat ada ratusan ribu tentara Rusia berkumpul di perbatasan Ukraina.



Sumber : CNN

BERITA LAINNYA



Close Ads x