Kompas TV entertainment selebriti

Idap OCD dan Kena Covid-19, Aliando Syarief Sempat Kepikiran Bunuh Diri

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:29 WIB
idap-ocd-dan-kena-covid-19-aliando-syarief-sempat-kepikiran-bunuh-diri
Aliando Syarief Idap OCD Ekstrem. (Sumber: KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktor Aliando Syarief sempat ingin bunuh diri setelah didiagnosis memiliki obsessive compulsive disorder (OCD). Terlebih lagi dirinya sempat positif Covid-19 beberapa waktu lalu.

Melalui siaran langsung di akun Instagram-nya pada Kamis (27/1/2022), Aliando Syarief menjelaskan mengenai kondisi kesehatan mentalnya.

“Sudah cukup enggak nyaman dengan kondisi, hampir bunuh diri, tapi takut, jadinya enggak jadi. Itu pertengahan gue kena Covid, kena OCD juga, gue depresi akut parah,” kata Aliando.

"Tapi kayak (merasa mau) mati saja ah. Tapi, seram banget. Berpikir bunuh diri ternyata khayalan juga. Jangan pernah melakukan tindakan aneh-aneh. Jangan ya!,” tegas Aliando Syarief.

Baca Juga: Aliando Syarief Idap OCD Ekstrem sampai Sulit Bergerak

Karena OCD yang dideritanya, Aliando menjadi kesulitan untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Dia pun berharap bisa secepatnya sembuh dari penyakit mental itu.

"Dua tahun kena OCD nggak bisa ngapa-ngapain dan susah untuk dipahami. Gue fokus ke mana, enggak sinkron pikiran dan otak," tuturnya.

"Ganggu banget. Gue lagi main tiba-tiba disuruh ulang sama pikiran gue. Kalau enggak, akan ada yang celaka (mikirnya)," tutur Aliando.

Baca Juga: Olahraga Lari Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

OCD adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa dirinya mesti melakukan tindakan berulang-ulang. Apabila hal itu tak dilakukan pengidap OCD akan merasa cemas, khawatir, dan ketakutan.

Kontak bantuan

Bunuh diri bisa terjadi di saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu.

Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Anda tidak sendiri. Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa atau untuk mendapatkan berbagai alternatif layanan konseling, Anda bisa simak website Into the Light Indonesia di bawah ini:

https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/layanan-konseling-psikolog-psikiater/ 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x