Kompas TV TALKSHOW satu meja

Apakah Kita Bisa Menyelenggarakan Pemilu yang Tidak Rumit? | Satu Meja The Forum (3)

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 07:45 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Pemerintah, DPR, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menyepakati jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024, sembilan bulan sebelum pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada November tahun yang sama. Penetapan tanggal pencoblosan ini sempat terkatung-katung berbulan-bulan, diwarnai tarik ulur antara pemeritah dan KPU, serta spekulasi penundaan pemilu demi memperpanjang masa jabatan presiden.

Disepakatinya jadwal pemungutan suara pada Februari untuk memberi waktu bagi persiapan pelaksanaan Pilkada. Meski demikian, tumpang tindih pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pilkada diperkirakan tidak terelakkan. Belum lagi resiko gonjang-ganjing politik mengingat jeda waktu yang cukup lama setelah pemilihan presiden ke pelantikan pada Oktober. Potensi masalah lainnya, sebagian besar daerah yang diisi penjabat kepala daerah memunculkan kekhawatiran tarik-menarik kepentingan politik pemenangan pilpres.

Semua ini meningkatkan kompleksitas pemilu yang memang telah dikenal sebagai pemilu terumit sedunia, dimana lima jenis pemilihan digelar bersamaan. Lantas, siapkah kita? Saksikan talkshow Satu Meja The Forum “Jadwal Pemilu Ditetapkan, Siapkah Kita?”

#satumejatheforum#talkshow#pemilu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.