Kompas TV internasional kompas dunia

Boeing Rugi Rp52 T karena Pengiriman 787 Dreamliner Terlambat

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:49 WIB
boeing-rugi-rp52-t-karena-pengiriman-787-dreamliner-terlambat
Boeing 787 Dreamliner. (Sumber: New York Post)

Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

CHICAGO, KOMPAS.TV - Produsen pesawat asal Amerika Serikat, Boeing, melaporkan kerugian sebesar 4 miliar dollar AS di kuartal IV 2022. Jika dirupiahkan, kerugian Boeing itu sekitar Rp57,2 triliun (kurs Rp 14.300).

Mengutip dari New York Post, Kamis (27/1/2022), kerugian itu disebabkan masalah pengiriman pesawat 787 Dreamliner, yang laris di pasaran. Boeing tidak bisa mengirim pesawat tersebut ke konsumen sejak tahun lalu, karena masalah kontrol kualitas.

Pengiriman terakhir dilakukan Boeing pada Juni 2021, sehingga total pesawat 787 Dreamliner yang dikirim hanya 14 unit. Karena terlambat mengirim, perusahaan pun membayar kompensasi kepada konsumen sebesar 3,5 miliar dollar AS.

Salah satu maskapai yang menerima kompensasi tersebut adalah American Airlines. Maskapai itu harus membatalkan sejumlah jadwal penerbangan, karena pesawat yang dipesan tak kunjung tiba.

Baca Juga: Garuda Indonesia Mulai Siapkan Boeing 777 dan Airbus 330 untuk Jemaah Haji Indonesia

Penundaan pengiriman juga menyebabkan biaya produksi pesawat naik 2 miliar dollar AS.

"Kami maju melalui upaya komprehensif untuk memastikan setiap pesawat dalam sistem produksi kami sesuai dengan spesifikasi kami yang tepat. Upaya ini terus memengaruhi pengiriman dan hasil keuangan kami, tetapi kami sepenuhnya yakin itu adalah hal yang benar untuk dilakukan," kata CEO Boeing Dave Calhoun.

Di sisi lain, Boeing berhasil meningkatkan penjualan sejak 2019. Di tahun tersebut, Boeing mulai tersandung masalah akibat 737 Max yang jatuh di Indonesia dan Etiopia.

Setelah kejadian itu, seri 737 Max dilarang terbang di seluruh dunia selama 20 bulan. Akibatnya, penjualan pesawat Boeing anjlok.

Baca Juga: Larangan Terbang Dicabut, Boeing 737 MAX Boleh Kembali Mengudara di Indonesia

Sumber : New York Post


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:41
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19